Dinkes Berau Ajak Masyarakat Makan Ikan Cegah Stunting

Tanjung Redeb  -

Puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti pesta bakar ikan atau Irau Manutung Jukut tahun ini, yang digelar dalam rangka Hari Jadi ke 66 Kabupaten Berau dan ke 209 Kota Tanjung Redeb, tak terkecuali Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau. Keikutsertaan Dinkes kali ini bukan hanya untuk sekadar  memeriahkan pesta rakyat tersebut, tetapi sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya mengkonsumsi ikan.

Karena ini menjadi bagian dari program pemerintah agar masyarakat gemar makan ikan, sebagai asupan nutrisi dengan kandungan protein tinggi, dan juga mencegah stunting (permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama, sehingga menyebabkan kerdil. Umumnya hal itu disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi), maka momen ini mejadi waktu yang pas bagi Dinkes untuk mengajak masyarakat makan ikan.

Beragan jenis ikan dari hasil laut Berau disediakan di stand Dinkes Berau. Dan saat pengunjung atau warga menikmati ikan tersebut, juga dijelaskan betapa pentingnya peran ikan bagi tubuh, terlebih jika dikonsumsi anak-anak.

Ikan sangat baik bagi organ kardiovaskular seperti jantung, pembuluh darah arteri, dan pembuluh darah vena, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan. Dengan rutin mengkonsumsi ikan, kita juga akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan gagal jantung.

Terlebih, salah satu sumber makanan yang melimpah di Indonesia adalah ikan, khususnya di Berau. Dengan kandungan nilai gizi yang tinggi, ikan sebenarnya bisa dijadikan pilihan utama penduduk negara maritim seperti Indonesia untuk mencegah stunting. Stunting merupakan kondisi kekurangan gizi yang ditandai dengan tubuh pendek atau kerdil serta tingkat kecerdasan kognitif yang rendah. Diharapkan dengan banyaknya peserta yang ikut akan menjadi sosialisasi untuk gemar makan ikan daripada daging.

Pesta Manutung Jukut ini telah digelar sejak beberapa tahun yang lalu, dengan maksud untuk menjalin keakraban dan silaturahmi sesama warga. Serta meningkatkan kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan, yang di dalamnya mengandung protein yang baik untuk kesehatan masyarakat dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi anak. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)