Pembentukan dan Pelatihan Kader Pos UKK dan Posbindu PTM

TANJUNG REDEB-
Puskemas Kampung Bugis mengelar kegiatan Pembentukan da Pelatihan Kader Pos Usaha Kesehaan Kerja (UKK) dan Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular), Kamis (14/11)  di balai pertemuan kantor Disnakertrans jalan Murjnai 1 Tanjung Redeb.
Pembentukan dan Pelatihan Kader Pos UKK dan Posbindu PTM  menghadirkan pemateri Abdullah Sani dan Gatra Dian Ayu, dengan peserta karyawan atau pekerja perusahaan.
Disebutkan Kepala Puskesmas Kampung Bugis Bachri Karta Kesuma, bahwa UKK merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat di kelompok pekerja informal utamanya di dalam upaya promotif, preventif untuk melindungi pekerja agar hidup sehat dan terbebas dari gangguan kesehatan serta pengaruh buruk yang diakibatkan oleh pekerjaan. 
Prinsip Pos UKK adalah dari, oleh, dan untuk kelompok pekerja mandiri, kecil dan mikro di masyarakat.
“Tujuannya adalah untuk mengupgrade pengetahuan pekerja tentang kesehatan kerja dan kemampuan pekerja dalam menolong diri sendiri, pelayanan kesehatan kerja oleh kader, pekerja dan tenaga kesehatan. “ kata Bahri.
Serta pengetahuan tentang munculnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan pekerja terhadap risiko dan bahaya akibat pekerjaannya.
Manfaat Pos UKK bagi pekerja, dapat mendeteksi secara dini permasalahan kesehatan kerja dan memperoleh pelayanan kesehatan kerja yang terjangkau. Bagi kader kesehatan, Pos UKK memiliki manfaat mendapatkan informasi lebih awal tentang kesehatan kerja.  Sedangkan bagi Puskesmas, mampu memperluas jangkauan pelayanan dan mengoptimalkan fungsi puskesmas. (Bangun Banua)
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 09 December 2019 16:54