Puskesmas Bugis Gelar Evaluasi Kemitraan Asman Toga dan Akupresure

TANJUNG REDEB –
Puskesmas Kampung Bugis Senin (18/11)  mengadakan pertemuan evaluasi kemitraan asuhan mandiri (asman) di balai mufakat.   Ajang kesehatan ini dihadiri peserta pengelut asman toga serta akupresure. 
Menurut keterangan Kepala Puskesmas Kampung Bugis Bachri Karta Kesuma, pertemuan ini untuk mengevaluasi seluruh kegiatan asman dan akupresure di wilayah kerja puskesmas Kampung Bugis. 
Disebutkan bahwa salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri melalui asman.
Asman adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri dengan memanfaatkan Toga (taman obat keluarga) dan ketrampilan akupresur. 
Toga merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga. Akupresur adalah ketrampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan, pemijatan di titik-titik akupuntur pada permukaan tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat bantu lain untuk perawatan kesehatan.
Pemanfaatan pengobatan tradisional telah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh kader asman. Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah, dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan. 
Sedangkan ketrampilan akupresur diperlukan karena aman dan mudah dilakukan sendiri oleh masyarakat. Pelaksanaan asuhan mandiri mengubah paradigma pengobatan kuratif menjadi promotif dan preventif. Asuhan mandiri merupakan dlangkah yang efektif dan efisien dalam menjaga kesehatan keluarga.
Kelompok asman merupakan ujung tombak dalam memasyarakatkan kesehatan tradisional. Peran kader asman sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap kesehatan tradisional yang sejatinya merupakan warisan leluhur kita.(bangun banua)
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 09 December 2019 16:54