Puskesmas Tanjung Redeb Lulus Akreditasi Status Utama

Tanjung Redeb –

Setelah melewati serangkaian penilaian dari tim reakreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) selama 3 hari pada bulan Oktober 2019 lalu, kabar gembira pun membuat masyarakat Berau bangga. Puskesmas Tanjung Redeb yang mengikuti reakreditasi tersebut, dinyatakan lulus ke status utama. Hal ini tertuang dalam surat kelulusan dari Kemenkes tertanggal 23 Oktober 2019.

Akreditasi ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 bahwa setiap puskesmas wajib untuk diakreditasi.Kedatangan tim komisi ini untuk menilai puskesmas yang meliputi bidang Admen (administrasi dan management), UKM (Usaha Kesehatan Masyarakat) dan UKP (Usaha Kesehatan Perseorangan).

Pada penilaian tersebut, 15 orang tim komisi akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama)  Kementerian Kesehatan bertandang ke Kabupaten Berau, untuk melaksanakan reakreditasi 5 Puskesmas dari 21 Puskesmas yang ada di Kabupaten Berau. Masing-masing tiga orang penilai didampingi jajaran kepada bidang (Kabid) dari Dinkes Kabupaten Berau. Di puskesmas Tanjung Redeb disambut Kepala Puskesmas Tanjung Redeb H Kasran beserta jajarannya.

Akreditasi Puskesmas di Kabupaten  pertama kali dilaksanakan tahun  2016, meliputi Puskesmas Teluk Bayur, Tanjung Redeb, Bugis, Gunung Tabur dan Sambaliung. Kemudian, tahun 2017, Puskesmas yang diakreditasi Puskesmas Merancang, Lempake, Talisayan, Batu Putih dan Puskesmas Bidukbiduk. Sedangkan di tahun 2018 hanya 1, yakni Puskesmas Tepian Buah Kecamatan Segah. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)