Pelayanan Kesehatan Tradisional

PELAYANAN kesehatan Tradisional, merupakan pengobatan dan atau perawatan dengan   cara dan obat yang  mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris dapat  dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini papar  Sitti Zakiah, dalam sosialisasinya di puskesmas puskesmas yng ada di Kabupaaten Berau selama tahun 2019. Sitti Zakiah Kepala Seksi Yankestrad pada Pelayanan Kesehatan dinas Kesehatan Kabupaten Berau.
 
Berdasarkan cara pengobatan yankestrad terbagi menjadi dua yakni 
 yankestrad yang  menggunakan keterampilan dan ramuan.
Tata cara, aturan dan jenis pelayanan kestrad diatur dengan peraturan pemerintah, yakni PP No 103 Tahun 014 tentang Pelayanan kesehatan tradisional.
Untuk mengantipasi perkembangan Hattra, pendataan,pengawasan dan pembinaan kelompok. Individu ataupun institusi .
Gambaran umum, Yankestrad empiris adalah penerapan kesehatan tradisonal yang  manfaat dan keamanannya terbukti secara empiris baik ramuan dan keterampilan.
Kemudian obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang  berupa bahan 
tumbuhan,hewan,mineral,sedian sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yg secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan,dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang  berlaku di masyarakat.
Penyehat tradisional atau Hattra adalah setiap orang yang  melakukan pelayanan kesehatan tradisional empiris yang  pengetahuan dan keterampilannya diperoleh melalui pengalaman turun temurun atau pendidikan non formal Promotif dan preventif.
 
Surat terdaftar penyehat tradisional (STPT) adalah bukti tertulis yang diberikan kepada  penyehat tradisional yang  telah mendaftar untuk  memberikan yankestrad empiris.
Semenara itu panti sehat adalah tempat yang  digunakan utk melakukan yankestrad, empiris baik ramuan maupun kerampilan.
Sedangkan klien adalah setiap orang yang melakukan konsultasi masalah kesehatan dan atau yankestrad empiris. 
7. Menteri kesehatan ad/ menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Kesehatan . Persyaratan Hattra :
Hattra adalah orang yang  melaksanakan Yankestrad empiris baik ramuan maupun keterampilan yg pengetahuanx diperoleh secara turun temurun maupun pendidikan informal kursus bukti tertulis dr tempat kursus,  pengetahuanya non formal diperoleh melalui magang pada penyehat tradisional senior yg telah memiliki pengalaman memberikan yankestrad yg aman dan bermanfaat paling sedikit 5 (lima) tahun bukti 
keterangan dari tempat magang isinya menyatakan kemampuan peserta magang telah cukup memadai untuk  melakukan praktek yankestrad empiris secara mandiri.
Hattra Harus Miliki STPT
Hattra harus memiliki STPT jika ingin melakukan yankestrad empiris. Hattra hanya dpt memiliki 1 STPT dan hanya berlaku utk 1 tempat praktek.
 STPT diberikan untuk hattra yang tidak  melakukan tindakan intervensi terhadap tubuh yg bersifat invasif serta tidak  bertentangan dengan konsep 
dan ciri khas yankestrad empiris.
STPT diajukan ke Dinkes oleh hattra berlaku selama 2 tahun dan dapat  diperpanjang lagi minimal 3 bulan  sebelum  masa berlakunya habis.
Apa Sih syaratnya mengajukan STPT ?
Hattra mengajukan permohonan Pemda Cq.Dinkes kesehatan dengan  kelengkapan sebagai berikut :
Surat pernyataan mengenai metode atau tekhnik pelayanan yang diberikan, kemudian 
fotocopy KTP yang  masih berlaku, pas foto terbaru uk.4x6 cm sebanyak 2 lembar, surat keterangan lokasi tempat praktik dari lurah atau desa. Surat pengantar dari puskesmas.,surat eekomendasi dari asosiasi sejenis atau surat keterangan dari tempat magang.
 Surat rekomendasi dari Dinkes seksi Yankestrad, tim penilai tekhnis.
STPT tidak berlaku jika, STPT di cabut atau di batalkan. AtauSTPT habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang.
STPT tidak berlaku jika Hattra pindah tempat praktek luar kabupaten,kota penerbit STPT.
Atau Hattra meninggal dunia, atau atas permintaan Hattra sendiri.
Pada Pasal  9 Peraturan Menteri kesehatan No.62 tahun 2016 STPT 
digunakan dlm rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Yankestrad empiris oleh pemerintah dalam hal ini Pemkab Berau.
 
Konsep pelaksaanaan Yankestrad, harus dapat dipertanggung jawabkan keamanan dan manfaatnya secara empiris dan rasional.
Tidak bertentangan dengan norma agama(mistik,gaib) atau norma yang  berlakudi masyarakat (tidak  melanggar nilai nilai hukum, kesusilaan, kesopanan, dan budaya).
Juga tidak bertentangan dengan  program pemerintah dalam upaya peningkatan 
derajat kesehatan masyarakat.
Yankestrad empiris diberikan kpd klien yg memiliki gangguan kesehatan individu 
disebabkan ketidakseimbangan unsur fisik, mental, spiritual social dan budaya dengan memperhatikan bahwa manusia memiliki kemampuan beradaptasi dan penyembuhan diri sendiri,  yankestrad bertujuan untuk  menyeimbangkan gangguan kesehatan dengan kemampuan alami adaptasi tubuh. (Bangun Banua)
Rate this item
(0 votes)