Yankesrad Dinkes Berau Sosialisasi Manfaat Toga dan Akupresure di Biduk Biduk dan Batu Putih

TANJUNG REDEB-
Pelayanan Kesehatan Tradisional yang berada di bawah Yankes (Pelayanan Kesehatan) Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, mensosialisasikan manfaat tanaman obat keluarga serta akupresure di dua kecamatan yakni Batu Putih dan Biduk Biduk pada Minggu – Senin (8-9/12).
Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional (Yankestrad) Sitti Zakiah, memaparkan begitu besarnya manfaat tanaman obat keluarga (toga) dan akupresure . Peserta sosialisasi ini terdiri dari PKK (pemberdayaam kesehatan keluarga) , kader asuhan mandiri toga, guru sekolah dan masyarakat.
Untuk sakit yang ringan, sebut Sitti Zakiah tanaman obat keluarga, bisa dimanfaatkan seperti jahe, kunyit, kencur, kumis kucing, sirih dan lidh buaya.
Budidaya anaman ini tidaklah sulit, bisa di tanaman di pekarangan rumah atau di pot pot bunga pun bisa. Tanaman obat dikenal juga dengan istilah apotik hidup karena dengan menanam tanaman obat tersebut kita seperti memiliki apotik sendiri.
Didorong kepada masyarakat baik itu di Biduk  maupun Batu Putih agar memiliki kelompok asuhan mandiri toga (asman toga) . atau minimal ibu rumah tangga memiliki apotik hidup di pekarangan rumah masing masing, mengigat manfaat tanaman obat tersebut .
Selain tanaman obat , masyarakat baik itu di Kecamatan Batu Putih ataupun Biduk Biduk dikenalkan dengan Akupresure.
Dijelaskan bahwa akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupunktur, namun tidak menggunakan jarum. Akupresur memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, serta membuat tubuh menjadi rileks dan lebih bertenaga.
Akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu. Tekanan ini bisa diberikan melalui siku, tangan, atau alat bantu khusus, namun tidak menggunakan jarum. Karena itu, akupresur sering kali dinamakan akupunktur tanpa jarum.
Dalam sosialisasi , yankestrad juga mempraktekkan mengenai akupresure kepada peserta. Namun juga dijelaskan jika ingin mengunakan jasa akupresure haruslah dengan terapis berpengalaman. (bangun banua)
Rate this item
(0 votes)