Print this page

Waspada! 5 Penyakit Ini Bisa Timbul Akibat Buruknya Ventilasi Rumah

By December 04, 2019 260 Comments:DISQUS_COMMENTS

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat mulai menempati atau membangun rumah adalah bagaimana sistem ventilasi dan sirkulasi udara rumah akan bekerja, Jendela bukan hanya digunakan sebagai alat mempercantik rumah namun perhatikan juga fungsinya agar sesuai dan efektif.

Karena jika sirkulasi udara dalam rumah buruk maka banyak hal dan dampak buruk yang akan menyertainya salahsatu yang paling mengerikan adalah kesempatan berbagai penyakit untuk menyerang penghuni rumah yang hidup dalam udara lembab dan kotor akibat sirkuasi udara dan cahaya yang buruk. Dan berikut ini penyakit berbahaya yang mungkin dapat timbul akibat buruknya sikulasi udara dalam rumah. Mari simak.

  1. Infeksi paru-paru

Ancaman paling utama yang dapat menyerang akibat ventilasi udara yang buruk adalah berbagai gangguan paru-paru yang mungkin terjadi. Akibat udara yang lembab jamur dan bakteri akan lebih mudah berkembang dan membuat resiko gangguan pernapasan semakin meningkat.

Kuman dan bakteri juga dapat memperburuk penderita asma selain itu buruknya ventilasi udara juga dapat meningkatkan resiko terserangnya kanker paru. Maka selalu disarankan untuk selalu menjaga sistem sirulasi udara rumah untuk mencegah kuman bakteri dan jamur berkembang.

  1. TBC (Tuberkulosis)

Selain itu resiko terserangnya TBC juga akan meningkat akibat dari sirkulasi udara yang buruk. Selain itu bakteri Tubercolosis  juga cenderung mudah menyebar dan ini akan semakin diperburuk jika tak ada sirkulasi udara yang baik dirumah karena itu artinya tak ada jalan bagi bakteri untuk keluar dan terus bergumul dalam rumah. Selain TB paru bakteri yang berkembang biak akibat ventilasi udara yang buruk juga dapat menyebabkan TB tulang atapun bahkan TB ginjal.

  1. Gangguan jantung

Penelitian juga membuktikan bahwa polusi udara rumah tangga juga dapat menyebabkan resiko peningkatan penyakit jantung sebesar 10 persen. Hal ini bisa di hindari dengan memperbaiki ventilasi udara dan cahaya terutama di area dapur. Pastikan udara segar secara rutin masuk dan membersihkan jamur, kuman dan bakteri sehingga mereka tak punya kesempatan berkembang.

  1. Iritasi kulit

Jamur dan bakteri yang hidup diruangan lembab juga dapat menyebabkan berbagai gangguan lain salahsatunya adalah aleri atau gatal-gatal yang terjadi pada area kulit. Hal ini terutama disebaban oleh jamur yang tumbuh subur di area lembab dan kurang mendapat cahaya. Jadi rutin-rutinlah membersihkan dan mengganti sprai dan sarung bantal untuk menghindari infeksi.

  1. Daya tahan tubuh lemah

Jika kamu merasa tubuhmu terlalu mudah sakit, selain pola akan dan pula tidurmu, perhatikan juga ventilasi udara ditempatmu tinggal karena jamur dan bakteri yang berkembang dan masuk kedalam tubuh dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh hingga berbagai penyakit mudah menyerang, dan jika terus dibiarkan hal ini dapat menimbulkan dampak buruk jangka panjang. (idnhealth/bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Helda