Peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 tahun 2020 "GIZI Optimal untuk Generasi MILENIAL"

By Moan January 24, 2020 319 Comments:DISQUS_COMMENTS

Pembangunan kesehatan dengan investasi utama pembangunan sumber daya manusia Indonesia akan memberikan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan. Salah satu komponen terpenting dalam pembangunan kesehatan adalah terpenuhinya kebutuhan gizi masyarakat terutama pada periode 1000 HPK dan saat remaja.

Indonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif dan kritis demi kemajuan bangsa. Remaja yang sehat, memiliki pemikiran yang kritis, kreativitas serta dapat memaksimalkan produktivitas. Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial. Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas seseorang untuk menjadi individu dewasa.

Indonesia saat ini mengalami masalah “triple burden’ dimana stunting dan wasting masih tinggi, masalah gizi obesitas dan kekurangan zat gizi mikro, seperti anemia juga masih menjadi tantangan besar. Hal ini merupakan ancaman besar bagi negara, karena akan berdampak pada menurunnya kualitas sumber daya manusia ke depannya.

Upaya bersama berbagai pemangku kepentingan perlu terus dilakukan sesuai peran dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan komitmen, kampanye, konvergensi program, edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program sehingga sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan tangguh yang kita cita-citakan dapat terwujud.

Sesuai dengan tema peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 Tahun 2020, melalui penerapan pola gizi seimbang, mari bersama kita wujudkan “GIZI Optimal untuk Generasi MILENIAL”. Peringatan HGN tahun 2020 merupakan momentum penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi antara lain melalui edukasi gizi seimbang dan suplementasi Tablet Tambah Darah pada ibu hamil dan remaja putri.

Hal ini dapat mendorong percepatan pencapaian RPJMN tahun 2024 bidang kesehatan yaitu percepatan penurunan stunting dan wasting. Kiranya peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 tahun 2020 dapat meningkatkan komitmen dan mempererat kolaborasi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama membangun gizi dalam upaya mencegah stunting untuk pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

 

TEMA DAN SLOGAN PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL KE-60 TAHUN 2020

Tema : “GIZI Optimal untuk Generasi MILENIAL”

Slogan : ”Ayo Jadi MILENIAL Sadar GIZI”

Hastag : #milenialsadargizi ; #hgn60

Tujuan peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 tahun 2020 adalah :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan peran aktif masyarakat khususnya generasi milenial tentang kesehatan dan gizi.
  2. Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi yang optimal dalam pembangunan SDM yang berkualitas.
  3. Meningkatkan peran media massa dalam kampanye gizi remaja sebagai salah satu upaya penanggulangan stunting.
  4. Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

 

 

Sumber : Buku Panduan Hari Gizi Nasional 60 Tahun 2020

 

Rate this item
(0 votes)