Kaji Banding Forum Berau Sehat ke Bone (Bagian 2)

Program Forum Kabupaten Sehat Sangat Membantu Pemerintah

Rombongan Forum Berau Sehat (FBS) yang melaksanakan kaji banding ke Kabupaten Bone, tidak saja hanya menyimak presentasi Forum Bone Sehat , tapi turun ke lokasi desa desa yang melaksanakan program kabupaten sehat.

Bupati Muharram, Ketua Umum FBS Hj Sri Juniarsih dan ketua Harian H Najemuddin bersama Pembina  Forum Berau, H Agus Wahyudi yang juga Kepala Baplitbang Berau dan rombongan Kepala SKPD, kepala kampung bertolak ke desa Lampoko kecamatan Barebbo dan desa Lili’na Ajangale kecamatan Lilaweng pada hari pertama (13/02/2020) setelah presentasi dari Forum Bone Sehat ,  

Sesuai arahan tim teknis Kabupaten Bone Sehat, untuk di wilayah desa Lampoko, merupakan lokasi khusus (lokus) untuk pengembangan sayur sayuran dan buah.

Setiap kepala keluarga (kk) di desa Lampoko menanam buah buah dan sayuran di lokasi sekitar rumah. Mereka ini dibawah bimbingan dinas Instansi terkait yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan.

Masyarakat fokus pada pengembangan di bidang ini, yang mana hasilnya juga sangat memuaskan dari segi financial. Akses menjual buah dan sayur sayuran ini, ditunjang dengan infrastruktur yang sangat memadai dari Pemerintah.

Desa kedua yang dikunjungi Bupati, Ketua Forum dan jajaran  Forum Berau Sehat adalah Desa Lili’na kecamatan Lilaweng.

Desa Lili’na berhasil mengentaskan buta aksara dan mengembalikan anak anak putus sekolah untuk kembali ke sekolah. Dengan slogan gerakan masyarakat At Lisu Massikola (yang artinya kembali ke sekolah).

Pokja desa sehat  Lili’na mengembalikan anak anak putus sekolah untuk kembali bersekolah. Dan orang yang buta aksara diajarkan membaca dan menulis.

Hampir tidak ada lagi anak yang putus sekolah dan orang tua yang buta aksara. Gawe Pokja desa sehat Lili’na ini sangat membantu kinerja Pemerintah.

Dan semua pokja di desa sehat di Kabupaten Bone sangata menunjang pemerintah. Dan Pemeriantah pun mensupport Forum Bone Sehat untuk dapat menjalankan programnya. Termasuk perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan  ini.

Menyaksikan langsung desa yang mengembangkan potensinya dibantu dengan tenaga tenaga handal yang ada di Forum Bone Sehat. Seperti yang diungkapkan Bupati Muharram dalam perjalanan kaji banding ini, bahwa program program  Kabupaten Sehat yang dijalankan oleh Forum Bone Sehat (FBS) sangatlah membantu dan menunjang program Pemerintah. “Dalam kaji banding ini, haruslah membawa manfaat yang baik untuk Kabupaten Berau.” kata Muharram. (helda mildiana/bangun banua)

Rate this item
(0 votes)