Cegah Corona dengan Pola Hidup Sehat

Menyebarnya informasi adanya suspect Corona di RSUD Abdul Rivai sejak beberapa hari lalu, masih membuat masyarakat bertanya-tanya apakah benar hasilnya positif atau tidak. Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau pun terus melakukan imbauan kepada masyarakat, agar tetap tenang meskipun kewaspadaan meningkat.

“Imbauan terus kita lakukan, dan kalau ada yang sekiranya memiliki gejala mengarah ke COVID-19, bisa segera dirujuk ke rumah sakit. Dan yang terpenting, masyarakat harus tetap melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang selama ini belum terlalu optimal dilakukan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi, ditemui pada Rabu (4/3) pagi.

Sejak pemberitaan terkait positifnya WNI mengidap Corona oleh Presiden RI Joko Widodo, dan munculnya suspect yang diduga terpapar Corona di beberapa daerah, kewaspadaan memang semakin ditingkatkan. Bahkan, dikatakan Iswahyudi, untuk komunikasi dan koordinasi lintas sektor juga dilakukan.

“Berau mempunyai banyak pintu masuk baik udara, laut maupun darat. Sebelum adanya Corona ini juga kami dari Dinkes sudah waspada, dan setelah adanya suspect, kewaspadaan semakin ditingkatkan mulai dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bandara, RSUD, dan semua pihak,” imbuhnya.

Iswahyudi menjelaskan jika Corona ini hampir sama dengan infeksi lainnya yakni menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau lemah. Dimana bagi orang yang dalam kondisi kurang fit, bisa dengan mudah terkena virus ini. Jadi, pola hidup sehat dan pola makan bergizi serta rutin berolahraga bisa menjadi salah satu pencegahan yang dilakukan masyarakat,” tegasnya.(amel/bangun banua)

Rate this item
(0 votes)