Pemberian Vitamin A Masih Terus Dilakukan

Tanjung Redeb –

Meskipun sudah sejak Februari berjalan, pemberian vitamin A untuk bayi dan balita masih diberikan hingga kini di Kabupaten Berau. Terlebih, untuk posyandu yang jaraknya jauh dari pusat kota, terkadang belum bisa memberikan vitamin A secara maksimal kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan puskesmas Sambaliung beberapa waktu lalu saat menjalankan Program Indonesia Sehat (PIS), dimana pendataan dilakukan sekaligus pemberian vitamin A. Bahkan, PKK Berau pun ikut memberikan vitamin A gratis ketika  kunjungan kerja ke beberapa posyandu seperti posyandu semangka di Limunjan.

“Masyarakat yang memiliki bayi dan balita agar dapat berkunjung rutin ke posyandu setiap bulannya. Dan masalah stunting pada anak dapat dicegah dengan selalu memantau pertumbuhan bayi dan balita di posyandu. Di bulan Februari dimana vitamin A diberikan secara gratis, bisa dimanfaatkan sebagai waktu memantau tumbuh kembang anak melalui posyandu,” terang Ketua TP PKK Berau, Sri Juniarsih Maksir.

Ya, selama bulan Februari, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Posyandu di seluruh Kabupaten Berau menyediakan vitamin A secara gratis untuk balita berusia 6 - 9 bulan.

Beberapa posyandu yang sudah memberikan vitamin A diantaranya posyandu Tunas Mekar di Sei Bebanir Bangun, posyandu di Inaran, posyandu di Gurimbang, posyandu Mandiri di Kelurahan Bugis, posyandu Anthorium Kelurahan Gayam, posyandu Al Ikhwan Kelurahan Gunung Panjang,

Kesehatan mata sangat penting, maka dengan mendapatkan vitamin A, anak-anak sebagai generasi bangsa memperoleh banyak manfaat. Manfaatnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah kebutaan, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti penyakit diare, campak, penyakit infeksi lainnya serta kanker. Serta juga untuk memperbaiki tumbuh kembang anak yang optimal.

Selain bayi dan balita yang mendapatkan vitamin A, ibu pun mendapatkan manfaat lain jika rutin membawa buah hatinya ke posyandu yaitu mendapatkan pengetahuan seputar tumbuh kembang anak dan makanan tambahan bergizi. Ibu hamil pun akan mendapatkan tablet tambah darah.(amel/bangun banua)

Rate this item
(0 votes)