Print this page

Pengukuran Kebugaran Jasmani  Tahap II Jamaah Haji  

By March 07, 2020 110 Comments:DISQUS_COMMENTS
Tanjung Redeb Website Dinkes-
Halaman Kantor Dinas Kesehatan, Sabtu (7/3/2020) sejak pukul 5.30 atau tepatnya setelah shalat subuh dipenuhi dengan calon jamaah haji sejumlah 151 orang.
Calhaj ini mengikuti serangkaian kegiatan  diprogramkan oleh Dinkes Berau yakni pengukuran kebugaran jasmani tahap II. Tampak puluhan petugas kesehatan dari baik itu dari Dinkes dan dari 21 Puskesmas dengan peralatannya memeriksa kesehatan calhaj.
Menurut keterangan Kadis Kesehatan Iswahyudi melalui Kepala seksi kesehatan lingkungan kesehatan kerja dan olahraga Suhartini SKM , bahwa pengukuran kebugaran kesehatan jamaah haji dilaksanakan secara terintegrasi.
  
Mengapa ? karena ibadah haji merupakan ibadah dengan kemampuan fisik. Dan upaya pemerintah dalam melakukan persiapan sejak dini agar jemaah dapat mencapai istithaah. Dan persiapan ini dilakukan sejak jauh hari sebelumnya, dilakukan secara terkoordinasi dan terarah.    
Adapun yang dilakukan Sabtu pagi, jamaah melaksanakan latihan fisik dengan berlari dan berjalan kaki, seusai dengan kemampuan. 
Pengukuran atau tes kebugaran dilaksanakan dengan etode rockpot (tes lapangan/jalan untuk mengukur daya tahan jantung dan paru). 
Kegiatan ini diawali dengan pengukuran denyut nadi dan tekanan darah sebelum pemanasan, peregangan dan diakhiri dengan pengukuran denyut nadi sesudah. Hasilyang dicatat adalah waktu tempuh yang dicapai calhaj. Tampak Sekkab Berau Muhammad Gazali beserta istri Ida Rugayah dan kadishub Abdurahman beserta istri mengikuti pengukuran kebugaran. 
Calhaj juga diperiksa tekanan darah,  gula darah, kolestrol dan purin. Dan jika ada ditemukan , secepatnya berkonsultasi untuk mengatasinya.
Acara pengukuran kebugaran ini dibuka Bupati Berau H Muharam S Pd MM yang sebelumnya diberikan pidato pembuka kepada Dinas Kesehatan Drs H Iswahyudi APT M,Kes. (helda/bangun banua)
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 09 March 2020 10:17
Helda