Print this page

Sri Juniarsih : “Cegah Stunting dengan Perbaikan Pola Makan” 

By March 09, 2020 172 Comments:DISQUS_COMMENTS
Tanjung Redeb Website Dinkes -
Pada acara Lomba Gado Gado Cegah Stunting dalam rangkaian  Hari Jadi Kota Tua Teluk Bayur ke 108 tahun  di alun alun kecamatan Teluk Bayur Minggu (8/2/2020) Ketua Forum Berau Sehat Hj Sri Juniarsih M Pd kepada seluruh undangan yang hadir, bahwa lomba membuat makanan gado gado ini lebih menekankan kepada masyarakat agar makan dengan pola makanan bergizi.
“Mari kita mencegah stunting  dengan makan makanan bergizi seperti makan ikan, sayur dan buah buahan,” kata Sri Juniarsih.
Dan salah satu fokus dari Pemerintah dan Forum Berau Sehat adalah mencegah stunting sejak dini. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.
"Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih",
Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah yang disebut stunting. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.
Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Padahal seperti kita ketahui, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.
Dalam acara HUT Kota Tua Teluk Bayur, yang di gagas oleh Kecamatan Teluk Bayur bersama Masyarakat, digelar Forum Komunikasi Kecamatan Sehat Teluk Bayur juga melaksanakan deklarasi anti rokok, alkohol dan narkotika. (helda/bangun banua)
Rate this item
(0 votes)
Helda