Di Berau Masih Ada 129 Orang yang Dirawat

TANJUNG REDEB WEBSITE DINKES –

Masih berstatus zona merah, hingga Minggu siang (26/4/2020), tercatat masih ada 129 orang yang termasuk ODP, PDP maupun positif Covid-19 di Kabupaten Berau. Dari rilis data Dinas Kesehatan Berau, hingga pukul 11.00 Wita ini terdapat 77 ODP yang masih dalam proses pemantauan, 45 PDP proses pengawasan, dan 7 positif corona yang masih dalam perawatan.

Dijelaskan Koordinator Poli Covid-19, dr.Erva Anggriana, ketujuh pasien positif sampai saat ini masih dirawat di RSUD Abdul Rivai dan kondisinya semakin membaik. Sedangkan di RSD Hotel Cantika ada 40 pasien yang dirawat. Dan sisanya diisolasi di Hotel Melati.

“Pasien yang dirawat di RSD berstatus PDP yang mayoritas dari kalster Gowa. Dan ada 1 pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), juga dirawat di RSD. Untuk OTG ini tidak merasakan gejala apapun dan 5 hari ke depan sudah bisa lepas dari pengawasan tim medis. Sampai saat itu, kami masih menunggu hasil tes swab terakhir untuk memastikan benar-benar sembuh,” jelas Erva.

Sedangkan untuk PDP yang dirawat juga sudah tidak ada gejala. Tetapi karena mereka memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan dianggap berisiko, maka statusnya tetap dalam pengawasan.  

Sebelumnya, dari hasil swab test 6 PDP yang merupakan satu keluarga asal Kecamatan Segah dinyatakan negatif. Namun hasil tes tersebut tidak serta merta membuat mereka langsung dipulangkan, karena mereka masih harus menjalani Rapid Diagnostic Test (RDT).

“Karena mereka merupakan keluarga dari salah satu pasien positif Covid-19, maka istri dan kelima anaknya tetap diisolasi di RSD sejak 10 April lalu. Apalagi pada awal gejala mereka sempat mengeluhkan batuk. Tetapi saat ini kondisi mereka sudah normal, dan tinggal menunggu hasil tes swab terakhir nanti,” terang Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)