Print this page

Ini Jenis dan Fungsi Masker Pelengkap APD

By April 27, 2020 87 Comments:DISQUS_COMMENTS

TANJUNG REDEB WEBSITE DINKES –

Sama halnya dengan Alat Pelindung Diri (APD), masker juga sangat dibutuhkan khususnya di kondisi mewabahnya virus corona saat ini. Sebagai pelengkap APD, masker juga dibagi dalam beberapa kelas. Untuk kelas pertama, APD menggunakan masker bedah dan sarung tangan. Sedangkan kelas kedua ditambah menggunakan kacamata, gown dan haircap. Kelas ketiga adalah kelas khusus yakni APD ditambah bot, coverbot, hazmat, handscoon, google, face shield dan masker N95.

Dijelaskan Humas RSUD Abdul Rivai, dr.Erva Anggriana, ada dua jenis masker yang biasa digunakan yakni masker bedah dan masker N95. Sedangkan saat ini banyak orang yang menggunakan masker bedah sebagai masker anti polusi.

“Padahal masker bedah memiliki lapisan penyaring yang lebih sedikit daripada simple mask (masker polusi). Dan fungsinya untuk menghambat penyebaran infeksi, bukan penyaring udara. Oleh sebab itu, ketika menggunakan masker bedah di luar ruangan dan menggunakan sebagai masker anti polusi, tentu tak seefektif respirator atau simple mask,” jelasnya pada Senin (27/4/2020).

Berbeda dengan masker bedah, masker respirator atau biasa disebut masker N95, dirancang khusus pas menutupi wajah, meskipun desainnya dibuat sama yakni untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri. Bahkan, masker N95 ini juga dilengkapi alat efisien guna menyaring partikel berbahaya meskipun dengan ukuran sangat kecil.

“Kode N95 menunjukkan jika masker ini dapat menyaring partikel particulate matter (PM) 2,5 hingga 95 persen. Inilah sebab mengapa masker ini diandalkan untuk mereka yang bekerja meneliti sekitar zat berbahaya atau saat menangani pandemi Covid-19 seperti saat ini,” tambahnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Helda