Positif Covid-19 di Berau Melonjak Jadi 19 Kasus

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Hanya selang dua hari setelah hasil tes swab terakhir keluar pada Selasa kemarin, terjadi lonjakan drastis. Hasil sampel swab yang dikirim pada 18, 20 dan 21 April 2020 ke BBLK Surabaya menunjukkan jika 11 orang yang dites hasilnya positif corona. Sehingga kasus positif COVID-19 di Berau menjadi 19 kasus.

Dijelaskan Bupati Berau H.Muharram, pada press rilis Kamis (30/4/2020) di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau, mayoritas dari pasien yang dinyatakan positif COVID-19 masih masuk dalam kluster Gowa, Sulsel.

“10 orang yakni 4 warga Biduk-Biduk, 1 warga Limunjan Kecamatan Sambaliung, 1 warga Trans Bangun Kecamatan Sambaliung, 1 warga Kampung Bugis Kecamatan Tanjung Redeb, 1 warga Gunung Panjang Kecamatan Tanjung Redeb, 1 warga Rinding Kecamatan Teluk Bayur, dan 1 warga Tanjung Redeb, dimana semuanya adalah laki-laki yang merupakan kluster Gowa. Sedangkan untuk 1 warga Limunjan lainnya adalah perempuan yang merupakan kontak erat serumah dengan salah satu pasien positif corona sebelumnya, yaitu pasien Berau 5,” jelasnya.

Dikatakan Bupati, informasi perkembangan terakhir yang didapat adalah kondisi semua pasien positif ini relatif baik. Kesebelas orang tersebut sebelumnya sudah diisolasi di RSD Cantika di Jalan Gunung Panjang, dan saat ini sudah dipindah ke RSUD Abdul Rivai, untuk mendapatkan perawatan lebih intensif lagi.

“Kita berdoa saja semoga semua pasien positif ini semakin baik kondisinya, dan juga untuk hasil lab ini keluar pas orangnya sudah sembuh. Jadi nanti pas diswab ulang lagi hasilnya negatif,” tambahnya.

Hingga hari ini rekapitulasi di Berau adalah ODP sebanyak 154 (masih dipantau 67), PDP sebanyak 62 kasus (masih pengawasan 48), dan konfirmasi positif 19 kasus. Dan masih ada 24 sampel lagi yang sudah dikirim tinggal menunggu hasilnya.

“13 sampel merupakan kluster Gowa, 5 sampel merupakan kontak erat pelaku perjalanan, dan sisanya 6 sampel adalah diluar kluster Gowa,” tutupnya. (bangun banua) 

Rate this item
(0 votes)