Kasus Positif COVID-19 di Berau Bertambah Menjadi 20 Orang

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Satu sampel yang dikirim pada 20 April 2020 ke BBLK Surabaya, untuk seorang warga Lebaan Merapun Kecamatan Kelay, menyatakan jika dirinya positif COVID-19. Dengan demikian, total kasus positif corona di Berau bertambah menjadi 20 orang.

Diketahui jika kasus Berau 20 tersebut juga merupakan salah satu dari klaster Gowa yang sudah melakukan rapid tes sebelumnya dengan hasil positif. Riwayat perjalanannya pun telah ditracking, dan didapat data jika dia melakukan perjalanan 23 Maret 2020 dengan pesawat Makassar-Balikpapan, kemudian naik mobil travel Balikpapan-Merapun. Dan sudah menjalani perawatan di RSUD Abdul Rivai sejak 18 April 2020.

“Dinkes tak henti-hentinya mengajak untuk bersama-sama memutus penyebaran virus ini, dan imbauan juga terus diberikan agar masyarakat sungguh-sungguh dan penuh kesadaran melakukan upaya pencegahan penularan COVID-19 ini dengan menjaga kesehatan dan menjaga imunitas tubuh, menggunakan masker sata keluar rumah, physical distancing, menghindari kerumunan, cuci tangan dengan sabun, dan terapkan PHBS,” jelas Kadinkes Berau Iswahyudi, Senin (4/5/2020).

Sedangkan sampel yang dikirim 21 April 2020 untuk 5 orang menunjukkan hasil negatif. Rinciannya, 4 orang warga Limunjan Kecamatan Sambaliung yang merupakan kontak erat atau anggota keluarga salah satu pasien positif, semuanya negatif. Satu warga lainnya (Berau 5) yang juga pelaku perjalanan dari Jogjakarta melakukan swab kontrol pertama dengan hasil juga negatif.

“Masih ada swab lanjutan dua kali lagi untuk pasien Berau 5 dan mudahan hasilnya tetap negatif sampai dinyatakan sembuh,” tutupnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)