Print this page

Jumlah Kasus Positif Tambah 9 Orang, 2 Diantaranya Anak-Anak

By May 06, 2020 107 Comments:DISQUS_COMMENTS

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Sembilan sampel swab yang dikirim pada 24 April dan 27 April 2020 menyatakan jika semuanya terkonfirmasi positif COVID-19. Hal ini dijelaskan Kadinkes Berau Iswahyudi kepada media melalui aplikasi zoom, Rabu (6/5/2020). Dari kesembilan orang tersebut, 2 diantaranya adalah anak-anak.

“Benar ada 9 yang hasilnya positif, dan mereka semua sudah dikarantina sejak 21 Maret 2020. Yang kita khawatirkan adalah transmisi lokal yang sudah terjadi dan terus bertambah. Sekarang sudah 6 kasus transmisi lokal dimana mereka adalah kontak erat dengan para pasien positif yang sudah terkonfirmasi sebelumnya,” jelas Iswahyudi.

Untuk rincian kesembilan orang tersebut adalah, 4 orang yang masih dari klaster Gowa dimana 1 orang merupakan warga Gunung Tabur,1 warga Kelurahan Bugis, 1 warga Kelurahan Bedungun, dan 1 warga Purnasari Jaya Kecamatan Talisayan. Sedangkan 5 lainnya merupakan kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, yakni 2 orang anak dari pasien Berau 13 (kontak serumah) usia 11 tahun dan 17 tahun, dan 2 orang anak dari pasien Berau 23 usia 11 tahun dan 16 tahun.

“Dengan adanya penambahan transmisi lokal ini, saya harap masyarakat jangan anggap kondisi ini normal. Karena masih banyak yang keluar rumah tidak pakai masker dan juga tidak menjaga jarak, khususnya di pasar-pasar Ramadhan saat membeli takjil makanan berbuka puasa. Jadi, mari bersama kita memutus rantai penyebaran virus ini. Memang tingkat kematiannya rendah tetapi tingkat penularannya cepat,” tegasnya.

Sampai hari ini rekapitulasi penanganan COVID-19 di Berau adalah, ODP sebanyak 168 orang (64 masih dipantau), PDP sebanyak 69 orang (55 masih diawasi) dan kasus positif 9 orang. Dan masih ada 28 sampel lagi yang menunggu hasil yaitu 23 sampel baru dan 5 sampel kontrol dari pasien positif sebelumnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Helda