Print this page

Tambah 3, Kasus Positif COVID-19 Berau Sudah di Angka 32

By May 08, 2020 212 Comments:DISQUS_COMMENTS

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Kasus konfirmasi positif COVID-19 di Berau sudah 32 orang. Ini setelah adanya penambahan 3 hasil pemeriksaan PCR dengan hasil positif dari pengiriman sampel tanggal 24 dan 27 April 2020 di BBLK Surabaya. Hal ini dijelaskan Bupati Berau H.Muharram yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Berau pada pers rilis Jumat (8/5/2020) melalui aplikasi Zoom.

Dari ketiga orang tersebut, 1 adalah klaster Ijtima Gowa yaitu warga Kampung Eka Sapta Kecamatan Talisayan, dan dua lainnya adalah kontak erat pasien positif sebelumnya, yakni satu warga Kelurahan Gayam (kontak pasien Berau 13) dan satu warga Kelurahan Bedungun (kontak pasien Berau 23).

“Masih tersisa 6 sampel lagi dari klaster Gowa yang belum keluar hasilnya sampai saat ini. Untuk itu saya kembali mengimbau masyarakat agar sungguh-sungguh melakukan upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan COVID-19,” jelas Muharram.

Dikatakannya, untuk transmisi lokal yang terjadi hanya seputar keluarga yang memang kontak erat intens dengan pasien positif sebelumnya. Jadi masyarakat jangan terlalu khawatir namun tetap waspada dengan bertahan di dalam rumah, pakai masker jika keluar rumah dan selalu cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Dan untuk orang menjalani karantina atau isolasi mandiri di rumah tidak perlu dikhawatirkan sepanjang yang bersangkutan tidak keluar dari lingkungan rumah. Sehingga tetangga tidak perlu resah namun justru disupport atau dibantu makanannya, sehingga mereka tidak perlu keluar rumah untuk mencari bahan makanan,” tegasnya.

Ditambahkan Muharram, melihat kasus positif yang ada, pembatasan terhadap pendatang cukup berhasil menekan penyebaran dan penambahan jumlah kasus. Karena, sampai saat ini penambahan kasus hanya dari klaster Gowa yang sudah masuk di Berau sejak 25-29 Maret 2020.

Sampai hari ini masih ada 36 sampel yang menunggu antrean di BBLK Surabaya. 6 sampel dari klaster Gowa, 4 sampel merupakan keluarga atau kontak erat dengan klaster Gowa, 17 sampel dari pelaku perjalanan dan 9 sampel merupakan swab kontrol pasien positif sebelumnya. (bangun banua)  

Rate this item
(0 votes)
Helda