Dinkes Gelar Ratas Antisipasi Lonjakan Pasien Positif

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Sejak sebulan beroperasi, RSD COVID-19 perlu dievaluasi. Untuk itu, Dinas Kesehatan Berau bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Rumah Sakit Darurat (RSD), menggelar rapat terbatas terkait pelaksanaan penanganan pasien corona.

Kepala Dinas Kesehatan Berau Iswahyudi mengatakan, ketersediaan ruang isolasi untuk mengantisipasi lonjakan pasien terkait corona perlu menjadi perhatian. Apalagi saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test sudah mencapai 32 orang, sehingga menurutnya perlu antisipasi penambahan ruangan.

Selain itu, pihaknya juga konsen penambahan tenaga medis. Khususnya tenaga perawat yang saat ini hanya ada 18 orang, yang akan ditambah lima perawat. Sedangkan untuk tenaga dokter, sejauh ini belum ada rencana penambahan. Saat ini ada empat dokter umum, dan satu dokter spesialis penyakit dalam yang bertugas di RSD.

Penambahan ruang isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lanjut Iswahyudi juga telah disiapkan. Yakni memanfaatkan ruang Dahlia di RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb. Ruangan ini diperuntukkan bagi pasien yang betul-betul dianggap butuh perawatan khusus, seperti yang mengalami gejala berat.

“Ini sudah bisa dioperasionalkan pekan depan,” katanya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)