Sampel COVID-19 Bakal Bisa Diuji di RSUD Abdul Rivai

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Dalam waktu dekat, Berau akan menerima catridge untuk pemeriksaan sampel COVID-19, yang menggunakan alat Tes Cepat Molekular Tuberkulosis (TCM-TB). Dengan demikian, pemeriksaan bisa lebh cepat dilakukan tanpa harus mengirim sampel ke BBLK Surabaya. Untuk itulah, Bupati Berau H.Muharram, Senin (11/5/2020) melihat kesiapan RSUD Abdul Rivai menerima dan mengoperasikan TCM-TB ini.

“Ini kabar gembira bagi semua masyarakat Berau. Karena dalam dua jam tes sampel bisa diketahui hasilnya. Dan dengan adanya catridge ini maka antisipasi-antisipasi atau tindakan bisa cepat dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19 semakin meluas,” jelasnya.

RSUD Abdul Rivai menjadi salah satu rumah sakit di Kaltim yang menerima bantuan TCM-TB ini berdasarkan SK Kementerian Kesehatan. Sehingga, semua yang dibutuhkan mulai dari ruangan dan penunjang lainnya harus dipersiapakan dengan matang. Untuk Kaltim mendapatkan pembagian sebanyak 60 cartridge dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional yang terlebih dahulu digunakan di mesin TVM-TB yang sudah berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kandjoso Djatiwibowa (RSKD) Balikpapan.

“Infonya minggu ini sudah tiba di Berau. Maka, untuk diagnosa COVID-19 kepada pasien dengan hasil rapid tes reaktif dapat segera dilanjutkan dengan tes sampel. Tidak terlalu lama lagi kita menunggu hasil pemeriksaan swab yang selama ini harus dikirim ke Surabaya dulu,” lanjutnya.

Dijelaskan jika alat TCM-TB yang bakal digunakan untuk mendeteksi orang dengan virus corona, bekerja dengan pendekatan reaksi rantai polimerase (PCR). Karena berbasis molekuler, dunia kesehatan internasional mengakui hasil uji alat ini akurat. Alat ini juga bisa lebih cepat dan akurat mendeteksi virus corona ketimbang tes massal yang menggunakan spesimen darah. Karena bekerja berdasarkan sampel apusan tenggorokan atau kerongkongan atau metode swab. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)