Print this page

Dinkes Berau Sidak Agen dan Minimarket di 4 Kecamatan

By May 14, 2020 125 Comments:DISQUS_COMMENTS

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Seperti tahun sebelumnya, menjelang Lebaran, Dinas Kesehatan Berau bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko dan supermarket di 4 kecamatan, yakni Tanjung Redeb, Sambaliung, Gunung Tabur dan Teluk Bayur. Beberapa toko, agen distributor minimarket menjadi target tim.

Sidak ini menindaklanjuti surat edaran Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Samarinda, terkait intensifikasi pengawasan pangan bagi swalayan/minimarket/hypermarket dan grosir. Selain itu juga menindaklanjuti surat Kepala Dinas Kesehatan Berau, tentang penyampaian tindakan pencegahan penularan corona virus disease-19. Tim melakukan pengawasan terkait pemenuhan standar protokol kesehatan yang wajib disediakan setiap toko maupun supermarket, serta melakukan pengawasan pada produk pangan yang dipasarkan.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinkes Berau, Suhartini ditemui saat melakukan inspeksi mendadak, menjelaskan jika kegiatan ini dilakukan serentak di 4 kecamatan di Berau, dengan pembagian beberapa tim.

“Dua tim menyebar di empat kecamatan. Tahap awal sidak dilakukan pada toko, minimarket, supermarket hingga agen distributor. Selain menyampaikan edaran juga sekaligus melakukan pengawasan terkait produk yang dipasarkan. Tim langsung melakukan intervensi kepada pengelola toko terkait aturan atau ketentuan tentang produk yang dipasarkan,” jelasnya Kamis (14/5/2020).

Dari sidak ini juga diketahui jika ada yang memiliki ijin tetapi sudah mati, dan ada juga yang menggunakan ijin lama yang belum diperpanjang. Hal inilah yang masih perlu diedukasikan ke masyarakat khususnya produsen. Untuk itu, Dinkes mengimbau agar pemilik usaha toko atau agen distributor bisa segera mengurus ijin sesuai peraturan. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Helda