Pasien Berau 5 Dinyatakan Sembuh

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Penantian panjang pasien positif COVID-19 terjawab sudah. Minggu (17/5/2020), pasien Berau 5 dengan nama Siti Nurhalizah (SN) yang merupakan mahasiswi Jogjakarta asal Kecamatan Sambaliung, dinyatakan sembuh total dan diperbolehkan pulang. Kabar gembira ini disampaikan Bupati Berau H.Muharram saat press rilis di RSUD Abdul Rivai.

“Alhamdulillah yang ditunggu masyarakat, kabar kesembuhan pasien positif COVID-19. Ini setelah dilakukan swab kontrol 2 kali dan hasilnya negatif. Dengan demikian pasien ini bisa pulang ke rumah. Tetapi meskipun pulang tidak serta merta bisa seenaknya keluar rumah, masih harus melakukan karantina mandiri di rumah selama 2 minggu lagi,” jelasnya.

Dikatakan Muharram, karena sudah dinyatakan sembuh total, ia meminta masyarakat untuk bisa menerima kembali SN dan tidak mengucilkannya, khususnya masyarakat sekitar tempat tinggalnya.

“Saya juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah dan terus menjaga kesehatan meskipun sudah ada yang sembuh. Semua protokol kesehatan tetap dijalankan sampai wabah ini berlalu,” tambahnya.

Sebelum sembuh, Siti Nurhaliza telah menjalani isolasi di RSUD Abdul Rivai sejak 2 April 2020. Dan selama 45 hari dikarantina, dikatakannya jika selain energi juga psikologi yang terkuras. Tetapi semua itu tak lantas membuat perempuan berusia 21 tahun itu menyerah. Bahkan, ujian akhir D-3 Kebidanan pun diselesaikannya selama masa isolasi.

“Mohon dukungan dan doa semuanya agar pasien positif lainnya bisa segera sembuh. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para petugas medis baik dokter dan perawat yang sepenuh hati, sabar merawat pasien, dan selalu memberikan support sampai saya bisa menyelesaikan pendidikan kebidanan. Rencananya, ketika sudah bisa melakukan aktivitas luar saya akan menjadi relawan COVID-19, membantu mengedukasi warga terkait protokol penanganan corona dan peningkatan kesadaran warga tentang PHBS,” tutupnya. 

Selain SN, beberapa sampel kontrol yang dikirim bersamaan hasilnya masih menunjukkan positif, yaitu Berau 11 warga Gunung Panjang dan Berau 18 warga Biduk-Biduk, yang keduanya adalah klaster Gowa. Juga ada 1 sampel pelaku perjalanan dan 1 sampel merupakan kontak serumah Berau 20, yang keduanya dinyatakan negatif. 

Hingga Minggu, 17 Mei 2020 pukul 11.00 Wita, rekapitulasi penanganan COVID-19 Berau adalah 28 ODP yang masih proses pemantauan, 31 PDP proses pengawasan, 33 pasien positif masih dirawat dan 1 sembuh. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)