Minggu Depan Tes Swab Bisa Dilakukan di RSUD Abdul Rivai

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Cartridge alat Tes Cepat Molekular Tuberkulosis (TCM-TB) untuk pemeriksaan sampel COVID-19 sudah tiba di Berau. Untuk itu, semua persiapan kembali dipastikan mulai dari ruang laboratorium dan sarana pendukung lainnya. Dalam tinjauannya Minggu (17/5/2020), Bupati Berau H.Muharram mengatakan jika tes swab sudah bisa dilakukan pekan depan.

“Mudahan dua hari kedepan ruangan laboratorium RSUD Abdul Rivai ini sudah siap dioperasikan. Bisa berfungsi sebagaimana laboratorium di Surabaya sehingga kita bisa melakukan tes swab mandiri minggu depan, tanpa harus mengirimkan sampelnya ke BBLK Surabaya. Selain memangkas waktu pengiriman, hasilnya juga lebih cepat diketahui hanya dalam jangka waktu dua jam,” terangnya.

Diungkapkan Muharram, proses menunggu hasil swab selama ini cukup lama, sehingga membuat tekanan psikologis bagi para pasien positif COVID-19. Lantaran melihat kondisi pasien yang dalam keadaan sehat tetapi masih memikirkan hasil tes yang belum pasti.

“Selama ini bisa berminggu-minggu kita menunggu hasil swabnya. Sedangkan pasien positif yang dirawat ini kondisi fisiknya relatif sehat. Saya lihat ada tekanan psikologis karena mereka merasa sudah sehat tetapi tidak dilepas atau dikeluarkan dari isolasi, bahkan ada yang sudah dua bulan perawatan. Inilah yang harus diperhatikan, jangan sampai karena tekanan ini imunitas tubuh para pasien positif malah turun,” tambahnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)