Sisa 2 ODP dan 25 Positif yang Masih Menjalani Perawatan

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Perkembangan penanganan COVID-19 di Berau terus menunjukkan penurunan. Dan kabar baiknya hingga Rabu (3/6/2020) tersisa 2 ODP dan 25 pasien positif yang masih menjalani perawatan. Berdasarkan rekapitulasi per 3 Juni, dari 71 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tidak ada lagi yang dalam proses pengawasan. Begitu pun Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mengalami pengurangan. Dari 163 kasus PDP, sisa 2 orang yang masih menjalani proses pemantauan.

“Alhamdulillah untuk PDP sudah berada di angka nol. Dari 71 kasus, semua sudah selesai pemantauan. Artinya tidak ada penambahan kasus sampai saat ini. Kita sangat bersyukur dengan kabar baik ini,” ujar Iswahyudi, Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Berau.

Dikatakannya, saat ini hanya ada satu ODP yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19, Cantika Swara, dan 1 ODP menjalani rawat jalan. Sementara jumlah pasien terkonfirmasi reaktif Covid-19 juga sudah berkurang. Dari 34 kasus tersisa 25 pasien masih dalam proses perawatan di ruang isolasi RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb.

Meski begitu, Iswahyudi mengimbau masyarakat agar tetap patuh dengan protokol kesehatan COVID-19. Yakni dengan menjaga jarak, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun setelah beraktivitas di luar rumah, dan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

“Kita harus tetap menjaga agar seterusnya tidak ada penambahan kasus lagi. Apalagi Berau sangat strategis, dimana warga dari luar bisa keluar masuk Berau dengan dibukanya kembali bandara,” jelas Iswahyuid yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Berau.

Apalagi, Berau kini tengah mempersiapkan penerapan tatanan baru. Sehingga protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Masyarakat harus paham bahwa menuju new normal, memakai masker dan cuci tangan setelah keluar rumah menjadi kebutuhan dan kebiasaan. Termasuk jaga jarak dan menghindari sentuhan fisik dalam kerumunan juga tetap dijalankan. Karena virus corona tidak bisa dilihat dengan kasatmata. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)