Tambahan Dua Pasien Positif COVID-19 dari Klaster Baru

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Sebulan tanpa penambahan kasus positif membuat para tenaga medis di Kabupaten Berau merasa lega. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama. Minggu (7/6/2020), Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 yang juga Kadinkes Iswahyudi kembali merilis penambahan kasus baru 2 orang positif corona yang merupakan klaster baru pelaku perjalanan, melalui aplikasi zoom meeting dengan media.

Hasil positif ini didapatkan dari upaya screening awal karyawan perusahaan pertambangan yang kembali ke Berau setelah pulang cuti pada Selasa (2/6/2020) lalu, yakni salah satu perusahaan tambang bekerjasama dengan Rumah Sakit Pertamina Balikpapan untuk melakukan Polimerase Chain Reaction (PCR).

“Jadi swabnya dilakukan di Berau dan dibawa ke Balikpapan untuk diuji PCR. Dan dari 31 sampel yang diperiksa, 29 dinyatakan negatif. sedangkan dua lainnya terkonfirmasi COVID-19. Mereka adalah, MAS (Berau 35) warga Tanjung Redeb, karyawan tambang yang melakukan perjalanan dari Pekalongan ke Balikpapan menuju Berau, dan MRS (Berau 36) warga Tanjung Redeb yang juga karyawan tambang, yang diketahui pulang cuti dari Sidrap, Makassar ke Balikpapan dan dilanjutkan ke Berau,” jelasnya dalam rilis.

Untuk perkembangan selanjutnya, petugas masih melakukan tracking guna mendapatkan informasi kejelasan perjalanan masing-masing. Dan Saat ini, kedua pasien terkonfirmasi itu sudah dipindahkan ke RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb untuk mendapatkan penanganan khusus, setelah sebelumnya mereka hanya melakukan karantina mandiri.

“Kedua orang tersebut juga diketahui memiliki kondisi yang sehat tanpa gejala, dan termasuk sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk itu masyarakat harus tetap waspada karena tidak tahu siapa yang sudah tertular COVID-19, terlebih dengan sudah adanya OTG di Berau. Gunakan masker saat keluar rumah dan kurangi aktivitas luar rumah jika tidak penting,” tambahnya.

Dengan adanya tambahan kasus positif tersebut, rekapitulasi penanganan COVID-19 Berau adalah 1 ODP dan 22 kasus positif. Sedangkan untuk PDP masih bertahan di angka nol. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)