1 Sembuh dan 1 Tambahan Positif Pelaku Perjalanan

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Minggu (21/6/2020) Kadinkes Berau Iswahyudi membacakan rilis untuk perkembangan pasien COVID-19 di RSUD Abdul Rivai. Dari sampel yang dites di klinik Tirta Medical Centre 18 Juni kemarin, terdapat tambahan kasus positif 1 orang. Namun, kabar baiknya di hari yang sama juga ada 1 pasien yang dinyatakan sembuh dengan hasil swab kontrol kedua negatif.

“Yang positif adalah Berau 39, warga Pilanjau Kecamatan Sambaliung merupakan pelaku perjalanan dari Kabupaten Halmahera. Sebelum melakukan perjalanan ke Berau diketahui jika hasil rapid testnya negatif. Yang bersangkutan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang dari Halmahera ke Balikpapan, dan dilanjutkan perjalanan darat ke Berau dengan mencarter mobil. Dan saat ini pasien sudah dipindahkan ke ruang isolasi RSUD Abdul Rivai. Sedangkan untuk pasien sembuh adalah Berau 38, warga Tanjung Redeb yang merupakan pelaku perjalanan dari Kabupaten Ponorogo,” jelas Iswahyudi.

Untuk Berau 39, dikatakan Iswahyudi sudah masuk ke Berau sejak 7 Juni 2020 dan melakukan isolasi mandiri. Dengan inisiatif sendiri, melakukan tes swab di klinik Tirta dan ternyata hasilnya positif. Sehingga saat ini tracking pun dilakukan oleh Dinkes Berau.

“Rentang waktu selama karantina mandiri hingga terkonfirmasi positif cukup lama, dan keluarga dari Berau 39 tentunya yang kita ambil sampelnya. Juga sopir mobil carteran yang dibawa dari Balikpapan, serta beberapa orang yang berada satu mobil dengan Berau 39 selama perjalanan ke Berau,” lanjutnya.

Hingga Minggu sore, rekapitulasi penanganan COVID-19 Berau masih ada 4 pasien positif yang dirawat, ODP yang masih pemantauan masih ada 3 orang, dan PDP tetap nol.

“Mengapa PDP nol? Ini karena Berau sudah memiliki fasilitas tes swab sendiri sehingga tidak ada lagi pasien yang diawasi. Begitu sampel diambil dalam beberapa jam sudah ketahuan hasilnya. Dan saya mengimbau bagi para pelaku perjalanan yang datang dari luar Berau untuk bisa melakukan karantina mandiri secara disiplin. Jika ada gejala menunjukkan COVID-19 untuk bisa segera memeriksakan diri,” pungkasnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)