Selang Sehari, Positif Tambah Lagi Empat

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Masyarakat Berau belum bisa bernapas lega meskipun pasien sembuh dari COVID-19 terus bertambah. Pasalnya, selain kesembuhan, kasus positif juga masih terus bertambah. Kali ini adalah transmisi lokal yakni dari kontak erat satu mess dengan Berau 60, sebanyak 4 orang. Mereka adalah AL (Berau 61), SAI (Berau 62), KM (Berau 63) dan RM (Berau 64) yang semuanya beralamat di Kelurahan Tanjung Redeb.

Sampel keempat orang tersebut diperiksa di Klinik Tirta Medical Centre pada 20 Juli 2020. Dengan penambahan ini sudah terjadi transmisi lokal kesekian kalinya, setelah sebelumnya juga ada transmisi lokal dari klaster Gowa dan klaster Manado.

“Total keseluruhan kasus positif COVID-19 di Berau sudah 64 kasus, dan sampai hari ini masih ada 15 pasien yang dirawat. Kita harapkan masyarakat disiplin memakai masker. Jika merasa ada gejala yang mengarah ke gangguan pernapasan, segera periksakan ke dokter. Karena dari kasus akhir-akhir ini yang didapati adalah mereka yang gejalanya ringan tapi ternyata positif Corona,” imbau Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi pada Selasa (21/7/2020).

Dari transmisi lokal yang terhitung cepat inilah dikhawatirkan gelombang kedua penyebaran COVID-19 di Berau sudah mulai berjalan. Apalagi untuk tracing kontak erat para pasien positif juga masih terus dilakukan oleh pihak Dinkes di lapangan. Sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada penambahan kasus positif dari para kontak pasien yang dinyatakan positif sebelumnya. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)