Advokasi Penyelenggaran GKPD Digelar di Kampung Pulau Derawan

TANJUNG REDEB, WEBSITE DINKES –

Untuk memberikan informasi terkait keamanan pangan, sosialisasi dan edukasi harus diberikan secara menyeluruh bahkan hingga ke kampung-kampung. Untuk menyukseskan salah satu program yakni Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD), Dinas Kesehatan Berau dengan dukungan BPOM melakukan advokasi kelembagaan kampung pada Selasa (18/8/2020) agar penyelenggaran GKPD bisa maksimal.

Dengan adanya advokasi ini diharapkan dapat mewujudkan komunikasi dua arah antara stakeholder dengan komunitas desa mengenai program GKPD. Juga diharapkan pemerintah daerah dan perangkat kampung dapat melindungi masyarakat kampung dari pangan yang berisiko terhadap kesehatan. Selain itu juga melalui kegiatan ini kampung memiliki kemandirian untuk melaksanakan keamanan pangan kampungnya masing-masing.

“Kegiatan ini penting dilakukan agar pemerintah daerah memiliki komitmen akan program keamanan pangan. Selain itu agar kampung bisa mandiri melaksanakan program keamanan pangan di lingkungannya, sehingga program ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di Kabupaten Berau,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi.

Sedangkan Camat Pulau Derawan sebagai tuan rumah menyambut baik kegiatan GKPD khususnya di Pulaua Derawan yang merupakan salah satu destinasi wisata. Karena sebagai bagian dari usaha untuk memajukan pariwisata dan perekonomian masyarakat di kampung Pulau Derawan.

“Faktor keamanan merupakan hal penting dalam kepariwisataan. Namun bukan hanya keamanan dalam kaitannya konflik politik, dan bencana alam, tetapi juga keamanan pangan. Karena makanan minuman merupakan kebutuhan pokok dan menjadi pos pengeluaran terbesar kedua setelah akomodasi, dengan demikian perkembangan pariwisata berpengaruh terhadap usaha makanan dan minuman,” terang Camat Pulau Derawan, Muhammad Tasrif.

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh aparat kampung dan masyarakat kampung untuk bersama-sama bersinergi dengan Dinkes, menyukseskan GKPD di Kampung Pulau Derawan. Sehingga nantinya Pulau Derawan menjadi kampung aman pangan dan menjadi destinasi wisata yang aman, sehingga meningkatkan kunjungan wisata ke Pulau Derawan.

“Mengingat pentingnya keamanan pangan bagi destinasi wisata maka diharapkan juga kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di Kampung Pulau Derawan saja, tetapi juga di kampung lainnya seperti Tanjung Batu,” tambah Tasrif.

Diikuti 30 peserta, kegiatan yang digelar di Kantor Kepala Kampung Pulau Derawan itu menghadirkan narasumber dari Kepala Balai Besar POM Samarinda. Meskipun interaksi pemaparan dan tanya jawab hanya dilakukan melalui zoom meeting, kegiatan berlangsung lancar dan sangat atraktif dengan lemparan pertanyaan-pertanyaan dari peserta kepada narasumber. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)