Dinkes Berau Gelar Implementasi Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas 

TANJUNG REDEB WEBSITE DINKES-
Untuk mewujudkan pelayanan kesehatan lingkungan secara optimal, diperlukan pelayanan Kesling yang terintegrasi lintas program dan sektor. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat dan mencegah penyakit atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan.
Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan lingkungan (Kesling) terintegrasi, Dinas Kesehatan Berau menggelar Pertemuan Implementasi Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan di Puskesmas pada 5-6 November 2020 di ruang Sangalaki, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Berau.
 
Pertemuan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh sejumlah petugas Puskesmas dan Dinas Kesehatan Berau.
Ir Iswahyudi Apt M.Kes  Kepala Dinas Kesehatan Berau berharap, implementasi dari kegiatan ini mampu mencetak SDM (Sumber Daya Manusia) yang handal. SDM tersebut dapat berperan dalam meningkatkan kemampuan petugas kesehatan lingkungan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan lingkungan di puskesmas.
Orientasi ini juga bertujuan untuk menjelaskan kebijakan kesehatan lingkungan dan kebijakan dasar puskesmas. Selain itu juga menjelaskan faktor risiko penyakit berbasis lingkungan, menjelaskan penyelengaraan Yankesling di puskesmas dan standar baku mutu kesehatan lingkungan.
“Petugas juga diharapkan dapat melakukan konseling, inspeksi, intervensi dan mempraktekan kesehatan lingkungan di lapangan,” ungkapnya.
Upaya pelayanan pesehatan ligkungan di puskesmas dilaksanakan dengan mengacu pada prinsip penyelenggaraan puskesmas, terutama keterpaduan dan kesinambungan. Upaya Kesehatan Lingkungan bersinergi dengan upaya kesehatan lain, baik upaya kesehatan masyarakat esensial maupun upaya kesehatan masyarakat pengembangan lainnya.
“Pembinaan pelayanan kesehatan lingkungan puskesmas dilaksanakan secara holistik, dimulai dari komitmen, kebijakan, koordinasi dan sinkronisasi program melalui penguatan dukungan manajemen,” terang Iswahyudi.
Untuk mewujudkan Berau sehat, maka Puskesmas berperan penting dalam pelayanan Kesling melalui upaya preventif, promotif dan kuratif secara berkesinambungan. Pelayanan kesling (kesehatan lingkungan) di puskesmas merupakan pelayanan penting bagi standar pelayanan minimal kabupaten dan indikator pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.(bangun banua)
 
Rate this item
(0 votes)