Print this page

Kenali Panduan Makan Gizi Seimbang “Isi Piringku” Dari Kemenkes RI

By December 04, 2020 1012 Comments:DISQUS_COMMENTS
DULU  slogan “4 Sehat 5 Sempurna” tentu akrab dalam kehidupan kita sebagai sebuah slogan untuk makan sehat, dimulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-sayuran, buah-buahan, dan tak lupa susu untuk menjadikannya sempurna.
 
Zaman berganti, penelitian mengenai nutrisi pun semakin berkembang. Kini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperkenalkan metode makan baru dengan gizi seimbang, yaitu "Isi Piringku".
 
Lalu, apa perbedaannya dengan "4 Sehat 5 Sempurna” dan mengapa slogan ini sudah tidak lagi digunakan? 
 
Apa Bedanya 4 Sehat 5 Sempurna Dengan Isi Piringku?
 
"Isi Piringku" menekankan pada berapa banyak porsi makanan yang ideal, menggunakan perumpamaan sajian dalam satu piring.
 
Slogan “4 Sehat 5 Sempurna” bukan “tidak digunakan lagi, akan tetapi konsep tersebut disempurnakan menjadi Pedoman Gizi Seimbang (PGS), karena 4 alasan berikut ini:
1. Membutuhkan penekanan pesan yang lebih menyeluruh.
Selain menjelaskan tentang makanan (yang pedomannya dapat dilihat pada Isi Piringku), tetapi PGS juga menerangkan lebih lanjut terkait pentingnya melaksanakan aktivitas fisik, menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat), serta memantau berat badan.
 
2. Susu bukanlah penyempurna makanan kita sehari-hari.
Sebaiknya, fokus untuk mengkonsumsi makanan yang bervariasi seperti sayuran, protein, dan buah-buahan, karena mengandung zat gizi yang sama, bahkan lebih besar, seperti kandungan yang ada pada susu.
 
3. Pada “4 Sehat 5 Sempurna” tidak dijelaskan pembagian porsi makan yang sesuai untuk dikonsumsi sehari-hari.
Pada Pesan Gizi Seimbang (PGS), seluruh informasi terkait porsi (baik porsi karbohidrat, protein, lemak, protein, sayur, dan buah), dijelaskan dengan sebaik mungkin.
 
4. Pada PGS dijelaskan bahwa kita harus mengkonsumsi air mineral sebanyak 8 gelas dalam 1 hari.
Sedangkan pada konsep “4 Sehat 5 Sempurna” masih belum disebutkan konsumsi air mineral yang tepat sehari-harinya. Maka, disempurkanlah pesannya melalui PGS.(dari bebagai sumber)
Rate this item
(0 votes)
Last modified on Sunday, 06 December 2020 22:50
Helda