Kenali Smegma Lebih Dekat

SMEGMA  adalah bercak putih bertekstur menyerupai bubur atau keju, yang berasal dari penumpukan minyak dan sel kulit mati. Biasanya, smegma ditemukan di lipatan kulit penis yang tidak disunat atau lipatan labia pada vagina.

Jika tidak dibersihkan, smegma akan berbau, mengering, dan berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit kelamin. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak terus artikel ini untuk tahu cara membersihkan smegma pada pria dan wanita.

Dikutip dari WebMD, smegma pada pria biasanya menumpuk di dalam lipatan kulit penis yang tidak disunat. Hal ini terjadi karena tubuh memproduksi pelumas alami agar lipatan kulit ini mudah tertarik, terutama saat ereksi.

Pelumas ini dapat menumpuk di bawah lipatan kulit bersama dengan minyak, sel kulit mati, kotoran, dan bakteri. Oleh karena itu, smegma lebih jarang ditemukan pada pria yang sudah disunat.

Smegma juga bisa ditemukan pada wanita. Biasanya, smegma muncul di lipatan labia atau sekitar klitoris di vagina. Apabila tidak diatasi, smegma bisa mengakibatkan vagina berbau tidak sedap.

Walaupun demikian, smegma adalah kondisi yang normal. Namun, Anda harus membersihkannya hingga tuntas untuk mencegah munculnya infeksi atau balanitis.

 

Cara membersihkan smegma pada pria dan wanita yang paling mendasar adalah dengan membersihkan alat kelamin secara menyeluruh, terutama di bagian dalam lipatan kulit dan sekitarnya. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pula teknik membersihkannya.

1. Tarik kulit secara perlahan

Apabila smegma telah mengering, kemungkinan lipatan kulit penis atau vagina akan saling menempel dan sulit ditarik. Sebaiknya, tarik kulit dengan perlahan untuk mencegah munculnya luka. Hindari secara menarik keras karena dapat menyebabkan nyeri dan luka pada penis. 

2. Gunakan sabun yang ringan

Memilih sabun yang tepat adalah salah satu cara membersihkan smegma pada pria dan wanita yang paling penting. Hindari penggunaan sabun yang mengandung bahan-bahan kimia berat atau scrub.

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial untuk membantu meluruhkan smegma yang mengering. Untuk wanita, hindari mengoleskan atau memasukkan produk sabun dan minyak ke dalam vagina.

3. Bilas hingga bersih dan keringkan

Gunakan air hangat untuk membilas dan pastikan tidak ada residu sabun yang tersisa di kulit. Kemudian, tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering. Menggosok alat kelamin terlalu keras berpotensi menyebabkan iritasi.

4. Hindari menggunakan alat tajam, kain, atau kapas

Ada baiknya Anda tidak memaksa menggunakan alat tajam, kain, atau kapas untuk mengorek smegma yang mengering di kulit. Hal ini justru dapat mengakibatkan iritasi.

Lakukan langkah-langkah di atas setiap hari hingga smegma menghilang. Apabila smegma tidak kunjung hilang atau malah terdapat kemerahan di penis Anda, segera kunjungi dokter.

Untuk wanita, segera waspada dan memeriksakan diri ke dokter jika muncul tanda-tanda seperti gatal, sensasi terbakar, dan cairan keputihan berwarna kuning atau hijau.

Tips mencegah munculnya smegma

Setelah mengetahui bagaimana cara membersihkan smegma pada pria dan wanita, Anda juga harus mencegah agar smegma tidak timbul kembali. Caranya adalah dengan meningkatkan higienitas tubuh Anda secara keseluruhan.

Selalu bersihkan penis atau vagina Anda setiap hari, dan hindari pemakaian sabun berbahan keras untuk mencuci alat kelamin.

Gunakan celana dalam dengan bahan yang nyaman, seperti katun. Katun juga membantu memperlancar sirkulasi udara di kulit kelamin Anda. Celana yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat dengan baik berpotensi menyebabkan smegma kembali muncul.(helosehat/bangun banua)

 
Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.