BIAS Puskesmas Kampung Bugis

Tanjung Redeb –

Imunisasi  di sekolah merupakan program pemerintah yang dimulai sejak tahun 1984. Program ini kemudian dikenal sebagai Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang diresmikan pada 14 November 1987, melalui Surat Keputusan bersama dari Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri.

Mengapa pemerintah menyelenggarakan BIAS? Karena, imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi terhadap penyakit PD3I (Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) sampai usia anak sekolah. Hal ini disebabkan karena sejak anak mulai memasuki usia Sekolah Dasar (SD) terjadi penurunan terhadap tingkat kekebalan yang diperoleh saat imunisasi ketika bayi.

Menurut keterangan Kepala Puskesmas Kampung Bugis H.Bachri Karta Kesuma Amd.Kep,  bulan Agustus ini Puskesmas Kampung Bugis sudah melaksanakan  BIAS di 5 sekolah yang ada di Kelurahan Bugis yakni SDN 005, SDN 006, SDN 011, SDN 014 dan SD MUHAMMADIYAH. “ Kami mengucapkan terima kasih banyak atas partisipasinya anak anak SD dan Bapak, Ibu guru yang sudah memberikan pengertian kepada anak didiknya tentang pentingnya untuk melakukan imunisasi ini.” katanya.

Setiap anak berhak mendapatkan imunisasi, sebagai bentuk pemenuhan haknya dalam memperoleh pelayanan kesehatan dan jaminan sosial fisik, mental, spritual dan sosial. Adapun hal tersebut tercantum dalam Undang-undang Perlindungan Anak nomor 23 Tahun 2002, jelas Bachri.

Ditambahkan Bachri bahwa kesehatan merupakan salah satu unsur kesejahteraan bagi masyarakat melalui pembangunan kesehatan dengan perencanaan terpadu. Pembangunan kesehatan di Indonesia memiliki beban ganda (double burden), dimana penyakit menular masih masalah karena tidak mengenal batas wilayah administrasi sehingga tidaklah mudah untuk memberantasnya. Dengan tersedianya vaksin mampu mencegah penyakit menular sebagai salah satu tindakan pencegahan yang efektif dan efisien. Pemberian vaksin melalui program imunisasi merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat. Program imunisasi mengacu kepada konsep Paradigma Sehat, dimana prioritas utama dalam pembangunan kesehatan yaitu upaya pelayanan peningkatan kesehatan (promotif) dan pencegahan penyakit (preventif) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.(bangun banua) 

Rate this item
(0 votes)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.