Ayo... Konsumsi Buah dan Sayuran

Tanjung Redeb

Menambah jumlah konsumsi makanan dari buah dan sayur, merupakan contoh Gerakan Masyarakat (Germas) yang dapat dilakukan oleh siapapun. Hal itu diutarakan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Berau, Ahmad Basuki.

Dikatakan Basuki, keinginan untuk makan makanan praktis dan enak seringkali menjadikan berkurangnya waktu untuk makan buah dan sayur, yang sebenarnya jauh lebih sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga, beberapa jenis makanan dan minuman seperti junk fooddan minuman bersoda sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya. “Salah satu kampanye Germas adalah kampanye makan buah dan sayur yang memberikan informasi betapa besarnya manfaat , dan kenapa harus makan buah dan sayur setiap hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut secara rutin ternyata memberikan sejumlah khasiat yang mungkin saja belum diketahui masyarakat luas. Seperti meningkatkan performa otak. Dari sekian benefit yang akan didapatkan, meningkatkan daya ingat sekaligus memproteksi sel-sel otak adalah salah dua poin yang diberikan sayur dan buah.

“Antioksidan berperan dalam memerangi radikal bebas, karena mampu memperlambat hingga mencegah oksidasi molekul lain. Bahkan ada pula buah yang dapat melindungi anda dari penyakit Alzheimer. Beberapa buah yang patut anda konsumsi mencakup jeruk, apel, jambu biji, alpukat, pepaya, dan mangga,” tegasnya.

Khasiat lainnya dari buah dan sayur  disebut Basuki, dapat mengurangi risiko penyakit kanker. Kanker termasuk penyakit kronis yang saat ini masih belum ditemukan obatnya. Walau sukar untuk disembuhkan, gangguan akibat pertumbuhan abnormal sel-sel jaringan tubuh ini dapat di cegah sedini mungkin dengan mengonsumsi beberapa jenis buah berwarna merah dan ungu.

“Manfaat buah dan sayur dari stroberi dan tomat di antaranya adalah menyuplai senyawa seperti lycopene dan anthocyanins yang mampu mencegah perkembangan kanker berkat kandungan anti-kanker secara alami. Konsumsi secara teratur supaya tubuh anda sigap dalam mengatasi pertumbuhan sel jaringan abnormal,” terangnya.

Kemudian, khasiat berikutnya diterangkan Basuki yakni memperoleh sumber utama antioksidan. Seperti yang telah disebutkan, sejumlah buah dan sayur kaya akan antioksidan—molekul yang mampu memperlambat hingga mencegah oksidasi molekul lain. Oksidasi sangat berbahaya karena memicu munculnya radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka masyarakat  disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah secara teratur, supaya bisa memperoleh takaran antioksidan yang mencukupi. Buah-buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan.

“Masih ada banyak khasiat yang tersimpan dalam buah dan sayur. Satu yang pasti, aturlah pola makan Anda untuk memperoleh manfaat buah dan sayur secara maksimal,” tegasnya.(bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 14 August 2019 09:16

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.