Rumah Tunggu Kelahiran di Durian 3 Tanjung Redeb

Tanjung Redeb-

Sudah empat tahun berjalan Dinas Kesehatan Kabupaten Berau memiliki Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) untuk ibu hamil dan dan setelah melahirkan. Untuk di ibukota RTK berada di jalan Durian 3 Tanjung Redeb. Di Kecamatan ada di Talisayan, Batu Putih, Merapun Kelay, Maratua , Biatan Lempake dan Kecamatan Segah.

RTK adalah  suatu tempat atau ruangan yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi ibu hamil dan pendampingnya (suami, kader atau keluarga), yang berada di dekat fasilitas pelayanan kesehatan (Poskesdes, Puskesmas, Rumah Sakit), selama beberapa hari sampai menunggu persalinan tiba dan setelah persalinan.

 Menurut keterangan Kadis Kesehatan drg Totoh Hermanto melaui Ahmad Basuki Kapala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehtan Kabupaten Berau bahwa sasaran RTK adalah semua  ibu hamil, bersalin, dan nifas (dengan atau tanpa faktor resiko) yang sulit mendapatkan akses ke fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan status kesehatannya.  Semua rumah tunggu kelahiran harus berada dekat dengan fasilitas pelayanan kesehatan.

Hal ini dimaksudkan agar dapat segera membawa ibu hamil apabila saat bersalin tiba atau terjadi kegawatdaruratan. makin dekat lokasi rumah tunggu kelahiran dari fasilitas pelayanan kesehatan, makin baik karena apabila terjadi kegawatdaruratan ibu hamil dapat ditangani dengan cepat.

Untuk di Tanjung Redeb, RTK berada di jalan Durian III, tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai dan Klinik Bersalin. Yang tentunya masuk dalam  kriteria  pemilihan RTK ini, jaraknya sangat dekat dengan RSUD.

Pengelolaan RTK di jalan Durian 3 oleh dinas Kesehatan Kabupaten Berau yang mana di dalam RTK ini ada penjaganya. Kebutuhannya dilengkapi berupa kamar tidur, kasur dan dapur. Ibu hamil yang menunggu masa kelahiran bisa menginap bersama pendamping.

Disebutkan biasanya ibu hamil yang menunggu masa kelahiran bayi, dapat ditampung di RTK, terutama ibu hamil berada di luar Tanjung Redeb Memiliki keterangan suraat domisili di Kabupaten Berau.

Selain di Tanjung Redeb, beberapa Kecamatan memiliki RTK, yakni di Tanjung atu, Kecamatan Sebah , Taliayan, Batuputih, , Maratua, Merapun dan Biatan Lempake. Posisi RTK berdekatan dengan Puskesmas sehingga memudahkan ibu hamil.

Adanya rumah tunggu kelahiran telah  disosialisasikan kepada masyarakat dengan memberikan informasi tentang manfaatnya. Untuk itu diperlukan sosialisasi melalui media cetak  dan media elektronik.(bangun banua) 

 
 
Rate this item
(0 votes)