Posbindu PTM Sasarannya Masyarakat Sehat Berau

Tanjung Redeb -

Gerakan masyarakat sehat (Germas) terus berjalan,  3 point dalam Germas, yakni aktivitas fisik 30 menit setuap hari, makan buah , sayuran, dan pemeriksaan kesehatan setiap 6 bulan sekali.

Maka Dinas Kesehatan Kabupaten Berau melalui Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit melalui Puskesmas membentuk Posbindu.

Apa itu Posbindu ? menurut keterangan Kepala Bidang Penegahan dan Pemberantasan Penyakit Garna Sudarsono, bahwa   Posbindu adalah Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan  kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker, serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. 

Posbindu PTM adalah bentuk peran serta masyarakat (kelompok masyarakat, organisasi, industri, kampus, instansi, sekolah)  dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko penyakit tidak menular secara terpadu.

Kegiatan Posbindu PTM, jelas Garna.

Yang pertama  monitoring faktor resiko bersama PTM secara rutin dan periodik. “Rutin berarti kebiasaan memeriksa kondisi kesehatan meski tidak dalam kondisi sakit sedangkan Periodik artinya pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkala.” Jelasnya.

Yang kedua, tambah Garna konseling faktor resiko PTM tentang diet, aktifitas fisik, merokok, stress, kemudian yang ketiga penyuluhan dialog interaktif sesuai dengan masalah PTM yang ada, yang kempat aktifitas fisik bersama seperti olah raga bersama, kerja bakti, senam, jalan santai , selanjutnya yang kelima  rujukan kasus faktor resiko sesuai kriteria klinis ke Puskesmas.

Adapun tujuan, sasaran dan manfaat penyelenggaraan kegiatan Posbindu meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM 

“Nah yang menjadi sasaran Posbindu justru kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyandang PTM atau orang dewasa yang berumur  15 tahun keatas. Pada orang sehat agar faktor resiko tetap terjaga dalam kondisi normal. Kemudian  pada orang dengan faktor resiko adalah mengembalikan kondisi beresiko ke kondisi normal.

Manfaatnya membudayakan Gaya Hidup Sehat dengan berperilaku CERDIK yaitu Cek kondisi kesehatan anda secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin  aktifitas fisik, Diet yang sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, Kelola stres dalam lingkungan yang kondusif di rutinitas kehidupannya.

Seperti melakukan wawancara untuk menggali informasi faktor resiko keturunan dan perilaku, serta penimbangan dan mengukur lingkar perut, serta Indeks Massa Tubuh termasuk analisa lemak tubuh. pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, melakukan pengukuran kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida).

Saat ini Posbindu yang telah dibentuk di Kabupaten Berau berjumlah 140  buah, dengan Puskesmas 21 buah.

Dalam perjalanannya, selama Posbindu berjalan, penyakit apa saja yang kerap didapati di masyarakat ?

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes melitus dan stroke. Masyarakat oleh tenaga medis di Posbindu  dianjurkan untuk menjalani perilaku hidup sehat.(Bangun Banua)

Rate this item
(0 votes)