Forum Berau Sehat : “Berau Terus Berbenah,”

Tanjung Redeb

Kabupaten Berau menjadi salah satu dari 165 daerah yang masuk dalam penilaian kabupaten kota sehat. Penilaian ini direncanakan dilakukan pada hari Kamis (22/8). Menjelang penilaian yang menyisahkan sehari tersebut, Bupati Muharram bersama tim Forum Berau Sehat melakukan peninjuan kesiapan sejumlah titik pantau.

Dimulai dari Pasar Sanggam Adji Dilayas. Satu per satu titik pantau yang bakal dinilai ditinjau kesiapannya, seperti Fodilanjutkan ke PDAM Tirta Segah hingga akhirnya ke Sekretariat Forum Berau Sehat.

Usai peninjauan, Ketua Forum Berau Sehat, Hj Sri Juniarsih Muharram mengatakan bahwa persiapan telah dilakukan sejak 3 bulan terakhir. Dengan melakukan pembenahan sejumlah lokasi yang bakal masuk dalam penilaian.

“Kita sudah lakukan pembenahan ini,” katanya.

Hingga memasuki waktu penilaian, Sri Juniarsih menyampaikan bahwa Berau sudah siap untuk dinilai tim verifikasi. Dan sejaun ini sejumlah lokasi yang akan dinilai telah menunjukan perkembangan yang cukup bagus. 

“Kita optimis bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Sri Juniarsih menegaskan bahwa penilaian ini diharapkan bisa menjadi momentum dalam mewujudkan Berau yang bersih dan sehat. Ia mengharapkan agar seluruh masyarakat juga bersama-sama untuk merealisasikan program tersebut.

“Walaupun tidak penilaian tapi kita tetap harus menjaga kebersihan sekitar kita. Ini menjadi target utama yang harus dicapai,” tegasnya.

Sementara Bupati Muharram mengatakan bahwa dalam penilaian ini sudah ada idikator dan titik pantau yang akan dinilai. Tentu diharapkan hal ini bisa dibenahi. Titik pantau yang akan dinilai diantaranya, pasar sehat, sekolah sehat, pemukiman sehat, bantaran sungai, pengelolaan sampah, bank sampah, city tour, titik pantau tatanan pariwisata, pengelolaan air bersih dan puskesmas percontohan.

Namun ditegaskan Muharram, meskipun fokus penilaian hanya pada titik pantau ini, ia tetap mengingatkan kepada seluruh OPD bahwa target yang akan dicapai adalah jangka panjang dengan mewujudkan Berau sehat. Sehingga diharapkan juga persiapan tidak dilakukan pada saat menjelang penilaian ini saja namun berkelanjutan untuk dijalankan.

“Melalui kegiatan ini bisa menjadi momentum dalam membudayakan Berau sehat. Penilain ini kita harap juga bisa maksimal hasilnya. Bukan nilainya, tapi target kita bahwa Berau layak disebut sebagai kabupaten sehat,” pungkasnya.(hms/bangun banua)

Rate this item
(0 votes)