Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Kunjungi Tujuh Tempat

Tanjung Redeb-

Tim Verifikasi Kabupaten Sehat dari Kementerian Lingkungan Hidup Dian Sugiarti dan Dony Mashuri didampingi Fahmi dari Dinkes Provinsi Kaltim tiba di Kabupaten Berau untuk memverifikasi lapangan sekaligus memberikan penilaian, Kamis (22/8) .

Kedatangan disambut ketua umum Forum Berau Sehat hj Sri Juniarsih S Pd M Pd dan jajaran wakil dan anggota Berau sehat, jajaran Dinas Kesehatan Berau, serta mitra Berau sehat.

Pasca acara mempresentasikan Kabupaten Berau  di balai Mufakat, tim penilai langsun terjun ke lapangan untuk memverifikasi dan  diberikan penilaian.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah sekolah sehat SD 004 jalan Mangga 2 Tanjung Reded sekitar pukul 16.00 wita. Disekolah ini tim dna rombongan disambut meriah oleh kepala sekolah, jajaran guru dan siswa dengan nyanyian dan tari tarian.

Fasilitas yang di verifikasi berupa kebersihan kantin dan makanan yang disajikan, karena disinilah tempat anak anak makan minum, UKS serta raport kesehatan anak anak, serta fasilitas penunjang lainya seperti westafel dan kebersihan sekolah, serta kegiatan penunjang anak untuk menuju hidup sehat.

Lokasi kunjungan kedua adalah Puskesmas Kampung Bugis,   

Dimana puskesmas yang dipimpin oleh H Bachri Karta Kesuma ini, tim hampir semua memverifikasi fasilitas Puskesmas, diantaranya tempat penyimpanan sementara limbah bahan berbahaya dan beracun, poli TB Paru, serta fasilitas lainya. Berkas data data puskesmas pun diverifikasi.

Lokasi selanjutnya dalah oemukiman Gang Ama, yang mana Gang amal ini merupakan kampung kreatif,yang terkenla dengan seebutan kampung batik. Selian baik kampung ini juga cukup bersih dan asri, serta memiliki bank sampah dan lokasi apotik hidup.

Bahkan warga di depan rumah masing masing menanam tumbuhan apotik hidup selain tanaman hias.

Warga di Kampung Batik gang amal juga mengolah sampah berguna yang didaur ulang seperti botol air meneral menjadi kursi, lampion. Gang Amal meruakana kampung Berkah (bersih kompetitif, aman dan hijau). Miliki program dan sudah melaksanakannya seperti membuat ruang terbuka hijaum tempt pemilihan sampah, pengolahan sampah, pemanfaatan sampah, komunitas bermain anak (no gadget), kawasan tanpa rokok, kebun tog dan sayuran, tempat ampah organik dan nonorganik , tempat cuci tangan, tempat uci tangan, penomoran rumah, pembentukan bank sampah dan menutup parit.

Pasar Sanggam Adji Dilayas , selanjutnya dikunjungi pada malam hari. Selain soal kebersihan dan kesehatan , yakni fasilitas penunjang penjual dan pembeli sepeti poli kesehatan, tempat laktasi (ruang menyusui bayi), tempat penampungan sampah pasar.

Pengolahan air bersih di PDAM Tirta Segah dikunjungi setelah pasar SAD.dan kecamatan Tanjung Redeb yang merupakan kantor Kecamatan Sehat dan Pokja nya.

Terakhir adalah Dinass Kesehatan, yang amna di kantor Dinas ini juga merupakan  kantor Pembina Kabupaten Berau sehat. Untuksaat ini Pembina Kabupaten Berau sehat adalah  Agus Wahyudi yang juga Kepala Baplitbang Berau.

Data dan berkas kegiatan diverikasi oleh penilai Kabupaen Sehat.

Karena waku yang terbatas, lokasi yang direncanakan dikunjungi adalah Museum Gunung Tabur, dan sepanjang jalan Jenderal Achmd Yani batal.Begitupula dengan sekretariat Forum Berau Sehat di Jalan Kedaung. (bangun banua)
 
 
Rate this item
(0 votes)