Dinkes Berau Berikan Kursus : Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman bagi Kantin Sekolah

Tanjung Redeb -

Kantin sekolah menjadi salah satu ruang lingkup penting higiene dan sanitasi sekolah.  Salah satu fungsi dari kantin adalah sebagai tempat memasak atau membuat makanan dan selanjutnya dihidangkan kepada konsumen, maka kantin dapat menjadi tempat menyebarnya segala penyakit yang medianya melalui makanan dan minuman. Dengan demikian makanan dan minuman yang dijual di kantin berpotensi menyebabkan penyakit bawaan makanan bila tidak dikelola dan ditangani dengan baik.

Sehingganya Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, selama dua hari mengadakan kursus Higiene Sanitasi Makanan dan Minuman Bagi Kantin Sekolah selama dua hari Kamis –Jumat (29-30/8)  di aula Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Berau, di Tanjung Redeb.

Kursus diikuti 34  pengelola dan pemilik kantin sekolah yang ada di Tanjung Redeb dan sekitarnya. Acara dibuka sekretaris Dinkes dr Bambang Sunarto.

Disebutkan bahwa pengelolaan makanan merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pengadaan bahan makanan, penyimpanan, pengolahan, pengangkutan dan penyajian makanan, sedangkan sanitasi makanan adalah suatu usaha pencegahan yang menitikberatkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dari segala bahaya yang dapat mengganggu atau merusak segala bahaya yang dapat menggangu atau merusak kesehatan, melalui dari sebelum makanan itu diproduksi selama dalam proses pengolahan, penyiapan, penggangkutan, penjualan, sampai pada saat dimana makanan tersebut siap untuk dikonsumsi kepada konsumen, yang mana untuk di kantin konsume terdiri dari siswa bahkan guru di sekolah.

Berangkat dari  sinilah Dinas Kesehatan Kabupaten Berau, mengdakan kursus selama dua hari agar kantin kantin di sekolah menyediakan makanan dan minuman yang sehat dan higienis.

Adapun materi yang disodorkan kepada pemilik kantin maupun pengelolanya, tenta gkebijakan atau peraturan higiene sanitasi makanan dan minuman, prinsif sanitasi makanan minuman, pengawetan dan bahan tambahan makanan, higiene perorangan dan proses masak memasak.

 Tampak peserta cukup antusias mengikuti jalannya acara, dengan respon , pengelola kantin banyak bertanya kepada pemateri khususnya dalam pengolahan makanan, begitupula dengan pengawetan makanan.

Adapun prinsif higiene sanitasi makanan, sepeti yang dipaparkan oleh pemateri yakni  yang pertama pemilihan bahan baku,  makanan, yang kedua penyimpanan bahan baku, ketiga  pengolahan makanan, yang keempat  pengangkutan  makanan, kelima penyimpanan makanan dan keenam penyajian makanan. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)