Penyusunan Rencana Kontinjensi KKM Digelar

Tanjung Redeb-

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Berau kembali melaksanakan  acara sosialisasi , workshop dan Penyusunan Rencana Kontinjensi  KKM (Kedaruratan Kesehatan pada Masyarakat) pada Rabu-Kamis (11-12/9) di Hotel Palmy Exeklusif.

Ini merupakan kali yang kedua, sebelumnya bulan Juli lalu, juga dilaksanakan acara serupa untuk penanggulangan penyakit.Seperti yang disebutkan Garna Sudarsono  Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Berau,ajang ini untuk penyusunan prgoram rencana jika penyakit tersebut ada. Sehingga ketika penyakit yang dimaksud telah ada di daerah ini, kita telah mengetahui apa langakah langkah kita. Karena sebelumnya telah di susun dan diprogram. Penyakit yang dimaksud bukanlah penyakit umum seperti diabetes, paru, jantung, melainkan penyakit seperti yang dibawa dari luar.

Contoh penyakit Mers coV  berasal dari binatag unta, atau penyakit flu burung, ebola, ada penyakit Chika. Disebutkan Garna penyakit Mers coV.

Dulu pernah merebak flu burung, hanya isu saja, jika mek ini memang ada , dari masyarakat yang pergi haji atau umroh. Tahun ini dua yang dicurigai jemaah dari umroh yang diindikasi berpenyakit Mers coV .

Tujuan khusus kontijensi KKM penyakit Mers coV sebagai bentuk kesiapsiagaan penanggulangan dalam menghadapi kemungkinan masuk penyakit tersebut di Bumi Batiwakkal. Kontijensi juga berarti rencana yang telah dirancang dan disepakati bersama.

kegiatan ini diharapkan Berau akan mempunyai dokumen kontijensi plan kedaruratan kesehatan masyarakat, sehingga akan terbentuk sistem dan mekanisme respon cepat dalam pencegahan kejadian menjadi KKM.(bangun banua)

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Wednesday, 11 September 2019 20:50