Dinkes Usulkan Anggaran Penanggulangan Mers coV

Tanjung Redeb-

Berdasarkan hasil dari seminar dan workshop Penyusunan rencana Kontijensi penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) baru baru ini di hotel Exeklusif Palmy, menghasilkan kesepakatan diantaranya adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Berau mengusulkan anggaran ke Pemerintah Kabupaten Bera untuk biaya review dokumen renkom penanggulangan penyakit Mers coV melalui APBD 2020 sebagai evaluasi penyempurnaan dokumen renkom.

Hal ini diungkapkan Garna Sudarsono Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan  Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Berau. Garna juga ketua panitia penyelenggara seminar dan workshop yang berlangsung pada 11-12 september lalu.

Disebutkan Garna, bahwa finalisasi penyusunan dokumen renkon penanggulangan Mers cov di Kabupaten Berau oleh Dinas Kesehatan Berau dengan melakukan koordinasi dan konsultasi ke Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Subdit Karkes  Ditjen P2P Kemenkes RI.

Selain itu, hasil dari kesepakatan dlam seminar dan workshop itu, dokumen renkon penanggulangan Mers coV  di Kabupaten Berau ditanda tangani oleh Bupati  Berau selambat – lambatnya  pada bulan    Oktober 2019 dan hardcopy dikirim ke Kemenkes RI, Dinkes Prov. Kalimantan Timur, lintas sektor yang masuk dalam Struktur Organisasi Posko KKM Kab. Berau yang telah disusun bersama.

Selain itu hasil kesepakatan, peserta yang mengikuti workshop harus melaporkan hasil Penyusunan Rencana Kontijensi penggulangan Kegawatdaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM)  kepada Pimpinan masing-masing, , yang mana dalam workship tersebut diikuti 42 orag peserta dari OPD dan lembaga terkait.

Dan Dinas Kesehatan Berau melakukan koordinasi baik tertulis dan atau lisan dengan Sub Bidang yang ada dalam Struktur Organisasi Dokumen Renkon Penanggulangan MERS CoV untuk melengkapi kebutuhan masing masing sub bidang yang akan dituangkan dalam Dokumen Renkon.

Seperti yang dilansir sebelumnya Dinkes Berua melaksanakan seminar dan worshop rencana Kontijensi penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM). Dalam seminar ini dibahas mengenaipenanggulanagan penyakit Mers coV , yang mana penyakit berasal dari binatang unta.(bangun banua)

 
 
Rate this item
(0 votes)