Dinkes Gelar Gerakan Memakai Masker Serentak

Tanjung Redeb –

Menindaklanjuti hasil rapat Wakil Bupati Berau, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Pendidikan tanggal 15 September 2019 yang telah disetujui oleh Bupati Berau, tentang kondisi udara disebabkan oleh kabut asap yang semakin memburuk, dan rapat koordinasi internal Dinkes Kabupaten Berau tentang pencegahan dan penanggulangan dampak kabut asap pada tanggal 16 September 2019, maka Kepala Dinas Kesehatan Berau, Drg Totoh Hermanto menginstruksikan kepada Kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Berau untuk melakukan beberapa langkah yang ada.

"Langkah-langkah tersebut yakni puskesmas melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang cara melindungi diri dari kabut asap. Kedua, melakukan “Gerakan Memakai Masker Serentak” pada tanggal 17 September 2019 pukul 09.00 Wita sesuai titik yang telah disepakati. Ketiga, melakukan pelaporan harian kasus ISPA ke Dinas Kesehatan melalui petugas surveilans dari P2M. Keempat, membagikan masker kepada masyarakat di wilayah kerja puskesmas masing-masing sesuai kebutuhan. Dan terakhir, meningkatkan koordinasi lintas program (P2P, Promkes, Kesling dan UKS)," terangnya.

Untuk “Gerakan Memakai Masker Serentak”, akan dilakukan di beberapa titik yaitu untuk Dinkes di start bundar, puskesmas Bugis pembagian masker dilakukan di depan puskesmas, puskesmas Tanjung Redeb di perempatan Jalan Mangga dan Durian, puskesmas Teluk Bayur membagikan masker di Kilo 5 dan simpang 4 Teluk Bayur. Untuk puskesmas Sambaliung dilakukan di simpang PLN Sambaliung, puskesmas Gunung Tabur di simpang 4 Gunung Tabur, puskesmas Kelay di jalur utama Kelay, dan puskesmas Tepian Buah di jalur utama Tepian Buah. (bangun banua)  

Rate this item
(0 votes)
Last modified on Monday, 16 September 2019 22:10