Lomba Senam Cuci Tangan di Stand Expo 2019 Malam Ini

Tanjung Redeb-

Selain pemeriksaan kesehatan, Stand Dinas Kesehatamn Kabupaten Berau juga mengelar  lomba senam cuci tangan, Selasa malam ini (17/9) di stand pameran Dinkes pada Expo 2019 HUT Kabupaten Berau ke 66 dan Tanjung Redeb ke 209 yang berlangsung di lapangan Pemuda. Menurut keterangan Nurhayati Kasi Penyakit Tidak menular Dinas Kesehatan yang merupakan panitia penyelenggara, bahwa lomba ini diikuti sektiar 10 peserta.

Dimana sebelumnya lomba ini disosialisasikan oleh puskesmas ke sekolah sekolah. Selama ini senam cuci tangan sudah menjadi rutinitas sekolah pada hari hari olah raga.

Gerakan cuci tangan yang sosialisasinya di kemas dalam bentuk senam, merupakan ajakan agak masyarakat membiasakan diri untuk mencuci tangan setelah beraktivitas.

Bahkan organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak lama menganjurkan agar kita rajin cuci tangan pakai sabun. Tujuannya agar bakteri tidak sampai masuk ke tubuh sehingga kita terhindar terkena beragam jenis penyakit. Namun, apakah hanya menyabuni tangan dengan sabun, menggosok selama 20 detik sela demi sela di jari, lalu membilas menggunakan air yang mengalir cukup efektif membunuh kuma Tangan ?

WHO punya enam langkah jitu mencuci tangan yang benar yang direkomendasikan untuk kita, sehingga bakteri tersebut benar-benar terbunuh.

Berikut enam cara mencuci yang benar menurut WHO, yaitu

Pertama, basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut. Kedua usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian. Ketiga, Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih. Keempat bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan. kelima, Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian, keenam letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan .Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Disebutkan Nurhayati lagi, bahwa Manfaat menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk mencegah penyakit.

Menurut penelitian, mencuci tangan yang benar dapat menurunkan angka penularan infeksi berbagai penyakit seperti influenza, diare, hingga hepatitis A hingga 50%. (bangun banua)

Rate this item
(0 votes)